Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kodim Pati Wakili Jateng Lomba Pembinaan Teritorial



Reporter:    /  @ 21:00:16  /  3 Mei 2017

    Print       Email

Istri TNI mengajarkan pelatihan menjahit kepada beberapa wanita di Makoramil Margorejo, Rabu (3/5/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kodim 0718/Pati masuk dalam 13 besar nasional lomba pembinaan teritorial (binter) 2017. Dengan nilai tertinggi membawahi Kodim di wilayah Jateng, Kodim 0718/Pati mewakili Kodam IV/Diponegoro.

Selanjutnya, Tim Penilai Lomba Binter mengunjungi Kabupaten Pati, Rabu (3/5/2017) untuk menentukan yang terbaik di tingkat nasional. Penilai melihat sejumlah lokasi kegiatan kerja Kodim 0718/Pati.

Salah satunya di balai pelatihan kerja untuk pekerja seks komersial (PSK) di kawasan Lorong Indah, Margorejo. Di Balai pelatihan kerja yang bertempat di Koramil Margorejo tersebut, sejumlah PSK mengikuti pelatihan menjahit dan memasak.

Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma mengatakan, program pelatihan untuk PSK tersebut diharapkan bisa menangani masalah sosial dan bisa mengentaskan para PSK dari aktivitas prostitusinya. “Kami sengaja mengajak tim penilai binter di sini supaya bisa melihat secara langsung bagaimana upaya kami mengentaskan masyarakat marjinal,” ungkap Letkol Inf Andri.

Dia berharap, program pelatihan untuk kaum marjinal bisa menambah penilaian lomba binter 2017. Pasalnya, program pelatihan untuk PSK menjadi bagian dari kerja nyata Kodim 0718/Pati dalam kegiatan sosial untuk mengentaskan kaum perempuan dari jurang prostitusi.

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian Lomba Binter, Kolonel Inf Sugiono mengaku terkesan dengan program kerja nyata Kodim 0718/Pati. Ada sejumlah hal yang dijadikan parameter untuk memberikan penilaian.

Salah satunya, sejauh mana Kodim 0718/Pati menjalankan programnya yang sudah ditentukan Mabes TNI AD. Kedua, sejauh mana Kodim 0718/Pati bisa menciptakan program inisiatif di luar program yang memberikan manfaat nyata untuk bangsa dan negara.

“Untuk penilaian nonprogram, saya melihat Kodim Pati sangat banyak sekali kegiatan yang dilakukan. Seperti pembinaan para petani, merangkul berbagai komunitas, dan menjalin hubungan baik dengan Pemerintah daerah, pemuka agama dan tokoh masyarakat. Dan yang menjadi program unggulannya adalah pelatihan kerja untuk para kaum marjinal,” ungkap Kolonel Inf Sugiono.

Atas prestasinya tersebut, dia menegaskan bila Kodim 0718/Pati punya kesempatan untuk mengikuti seleksi empat besar lomba Binter. Bila masuk empat besar, nanti akan dipilih Kodim terbaik se-Indonesia. Menurutnya, Kodim 0718/Pati punya peluang besar untuk menyabet juara itu.
Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →