Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Pemilihan Duta Rimbawan Semarakkan Acara Pelantikan Saka Wanabakti Grobogan



Reporter:    /  @ 21:00:11  /  1 Mei 2017

    Print       Email

Anggota baru pramuka Saka Wanabakti pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi Grobogan sedang unjuk kebolehan dalam pemilihan Duta Rimbawan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Acara pelantikan anggota baru pramuka Saka Wanabakti pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi Grobogan berlangsung semarak. Hal ini seiring adanya acara pemilihan Duta Rimbawan yang dilangsungkan di tengah kawasan hutan.

Acara yang digelar mirip seperti pemilihan duta wisata, hanya beda tempatnya. Para peserta untuk kebolehan di atas terpal plastik yang dihamparkan di areal kosong di kawasan hutan. Tiga orang juri disiapkan untuk menilai kemampuan calon Duta Rimbawan tersebut.

“Penilaian Duta Rimbawan ini meliputi materi tentang empat krida di Saka Wanabakti. Terdiri dari Bina Wana, Tata Wana, Reksa Wana dan Guna Wana ditambah dengan pengetahuan umum serta penilaian kepribadian. Jumlah anggota baru yang kita lantik ada 27 orang,” kata Pamong Saka Wanabakti Agus Winarno, Senin (1/5/2017).

Menurut Agus, sebelum pelantikan, calon anggota baru mengikuti kemah selama 3 hari, mulai 28-30 April. Lokasinya di kawasan hutan di Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo.

Selain pemilihan Duta Rimbawan, ada pula serangkaian bakti sosial yang dilakukan. Yakni, bersih-bersih lingkungan sekitar, dan pengecatan musala di Dusun Tlogomanik.

Agus menambahkan, kegiatan Pramuka Saka Wanabakti adalah memberi bekal kepadapara anggotanya agar memiliki rasa cinta dan tanggung jawab terhadap alam. Yakni, dari kawasan hutan dengan segala isi dan kekayaan yang terkandung di dalamnya.

“Anggota Saka Wanabakti diharapkan menjadi generasi muda yang tangguh. Mereka juga kita harapkan bisa menjadi pemuda pelopor pelestari hutan dan lingkungan,” imbuhnya.

 Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Film Produksi SMPN 1 Gubug Kembali Berjaya di Ajang Festival Film Grobogan

Selengkapnya →