Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Beberapa SMP dan MTs di Jepara Belum Bisa Selenggarakan UN Mandiri



Reporter:    /  @ 16:12:26  /  1 Mei 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Beberapa siswa SMP/MTs di Jepara terpaksa mengikut ujian nasional di sekolah lain. Hal itu lantaran, sekolah belum bisa menyelenggarakan ujian nasional (UN) secara mandiri. 

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara Ali Maftuh, Senin (1/5/2017). Menurutnya, hal itu terjadi karena sebagian sekolah belum mendapatkan akreditasi. Mereka adalah sekolah yang relatif masih baru. Hal lain yang menyebabkan adalah, kurangnya siswa kelas IX yang mengikuti ujian.

“Banyak hal yang menyebabkan hal itu, yang menentukan dari badan asesor negara. Kalau dia sudah terakreditasi walaupun C, dia bisa menyelenggarakan ujian nasional sendiri. Biasanya adalah sekolah yang relatif masih baru sekitar lima tahun, tiga tahun,” katanya. 

Catatan Disdikpora Jepara, tahun 2017 dari jumlah 87 SMP se-Kabupaten Jepara hanya 79 di antaranya yang melaksanakan UN. Sementara di jenjang MTS, dari jumlah 105, hanya 90 yang menggelar ujian nasional.

Terkait siswa yang tak bisa mengikuti ujian di sekolahnya sendiri, Maftuh menyebut tak menjadi soal. Hal itu karena siswa yang bersangkutan tak perlu pergi ke luar daerah yang jauh untuk berujian nasional. 

“Misalnya, sekolah asalnya di Donorojo, ya dia (siswa) bisa memilih yang menyelenggarakan ujian nasional di dekat daerah itu,” tambahnya.

Di samping itu, mekanisme ujian nasional sudah ditentukan oleh sekolah yang menjadi induk. “Kalau menggabung ke sekolah lain, yang bertanggung jawab yang digabungi. Mulai dari penyediaan ruang kelas dan sebagainya,” jelas Maftuh.

 Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jemaah Umrah di Pati Gelar Aksi Solidaritas Kedaulatan Palestina dan Yerusalem

Selengkapnya →