Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini
Gondelan Klambine Kanjeng Nabi (9)

Pesan Cak Nun untuk Pengamen Jalanan



Reporter:    /  @ 21:26:07  /  29 April 2017

    Print       Email

Cak Nun mengimbau kepada generasi muda untuk terus berusaha dengan sungguh-sungguh dan ikhlas jika menginginkan hasil terbaik. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Cak Nun menegaskan agar umat Islam jangan melakukan kejahatan untuk bisa mengetahui kebenaran. Melakukan hal-hal baik, kata Cak Nun, bukan berarti harus melakukan hal-hal buruk terlebih dahulu.

Hal itu dikatakan Cak Nun untuk menanggapi pertanyaan seorang buruh perusahaan rokok yang memiliki sampingan sebagai pengamen jalanan. Si pengamen kebetulan datang dengan berpakaian lusuh apa adanya plus gitar kecil yang sudah butut. ’’Jujur saja saya sering melakukan hal-hal yang buruk,’’ kata si pengamen.

Cak Nun lantas mengatakan bahwa Allah SWT tidak pernah memandang manusia dari apa yang dia kenakan, tapi apa yang sudah dilakukannya. ’’Maka teruslah berbuat baik sebisa kita tanpa perlu melakukan hal-hal yang buruk terlebih dahulu. Tapi kalau sudah terlanjur ya sudah. Minta maaf kepada Allah SWT dan cobalah untuk tidak mengulanginya lagi,’’ kata Cak Nun mengingatkan.

Menurut Cak Nun, Allah SWT memang menciptakan segala sesuatunya berpasangan, termasuk baik dan buruk. Namun demikian, Cak Nun mengingatkan semua yang hadir untuk tetap menjaga diri agar tidak melakukan hal-hal buruk.

’’Seperti kisah pelacur yang dinaikkan ke surga oleh Allah SWT karena keikhlasannya menolong seekor anjing yang kehausan. Kita tidak perlu kemudian menjadi pelacur, kemudian pergi ke tempat panas dan mencari anjing di sana agar kita juga bisa naik ke surga. Tidak perlu seperti itu,’’ ujarnya disambut hujan tawa pengunjung.

Cak Nun kemudian meminta kepada pengamen tersebut untuk tetap bersyukur atas apa yang sudah dikerjakan dan dihasilkannya. Cak Nun juga berpesan kepada pengamen untuk bersungguh-sungguh dan ikhlas dalam mencari rezeki. ’’Aja mung keplok-keplok tah nyanyi angger-anggeran. Kudu temenanan. (Jangan hanya bertepuk tangan atau menyanyi asal-asalan. Harus sungguh-sungguh, Red),’’ pesan Cak Nun. 

Editor: Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Tak Lengkapi Berkas, Nasib 2 Parpol Sebagai Peserta Pemilu Tunggu Keputuasan KPU Pusat

Selengkapnya →