Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Begini Serunya Lomba Karawitan SD Se-Kecamatan Tanggungharjo Grobogan



Reporter:    /  @ 17:18:59  /  29 April 2017

    Print       Email

Para siswa SD di Kecamatan Kecamatan Tanggungharjo Grobogan sedang menunjukkan kebolehannya dalam lomba karawitan, Sabtu (29/4/2017) (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Untuk pertama kalinya, UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Tanggungharjo, Grobogan, menggelar lomba karawitan antar-SD, Sabtu (29/4/2017). Pelaksanaan lomba yang dilangsungkan di GOR Desa Sugihmanik tersebut diikuti 22 SD.

“Jumlah SD keseluruhan di Kecamatan Tanggungharjo ada 27. Tapi yang ikut lomba kali ini baru 22 SD,” jelas Kepala UPTD Kecamatan Tanggungharjo Kudloifi Heny.

Pelaksanaan lomba berlangsung seru dan disaksikan ratusan orang. Masing-masing sekolah mengerahkan suporter untuk menambah semangat pada timnya.

Lomba karawitan juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Grobogan HM Nurwibowo yang juga merupakan salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Tanggungharjo.

Setelah dinilai dewan juri, tim karawitan dari SDN Ringinpitu 04 dinobatkan sebagai juara. Disusul urutan kedua adalah SDN Tanggungharjo 01.

“Selain uang pembinaan, para juara juga kita kasih piala dan piala bergilir bagi juara umum. Piala bergilir ini kita sediakan karena lomba ini dijadwalkan akan rutin digelar tiap tahun,” jelasnya.

Kudloifi menyatakan, ada beberapa tujuan dilakukannya lomba kesenian tradisional buat anak SD tersebut. Yang utama tentu saja untuk mengenalkan sekaligus buat melestarikan kesenian warisan leluhur pada generasi penerus.

Tujuan lainnya adalah untuk menekan dampak negatif dengan pesatnya teknologi yang sudah menjangkau hingga wilayah pedesaan. Seperti, penggunaan ponsel, layanan internet dan televisi.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →