Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

Pemberian Gaji GTT SD dan SMP di Jepara Molor

18
ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Jepara – Hingga penghujung bulan April 2017, ribuan guru tidak tetap (GTT) di Jepara belum memperoleh gaji. Mereka merupakan GTT di tingkat SD dan SMP. 

Ketua Forum Komunikasi Guru Tidak Tetap (FK-GTT) Jepara Choiron mengatakan, sesuai peraturan gaji guru honorer, seharusnya dibayarkan tiga bulan sekali. Namun hingga bulan keempat hampir berakhir, sekitar 1.900 GTT tak kunjung memperoleh hak mereka. “Kami sudah menanyakan hal ini kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga,” ujarnya. 

Dirinya mengungkapkan, GTT yang seharusnya memperoleh gaji dari Pemkab Jepara adalah 1.900 orang. Jumlah itu meningkat dari tahun 2016 yang hanya 870 orang. 

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Ali Maftuh tak menampik kenyataan itu. Menurutnya penggajian bagi GTT memang seharusnya tiga bulan sekali.

“Menurut peraturan bupati,  gaji diberikan triwulan dan harusnya dibayarkan pada bulan April. Nah karena ada Surat Keputusan (SK) GTT  yang turun pada bulan ini (April) maka tak diberikan terlebih dahulu. Agar tak menciptakan keributan, maka diberikan serentak pada tanggal 1 Mei,” tuturnya, Jumat (28/4/2017).

Dirinya menjelaskan, karena adanya GTT yang menerima SK pada bulan April, Disdikpora memang menangguhkan penggajian. Harapannya, mereka yang ber-SK pada bulan ini bisa menerima gaji selama sebulan. 

“Nanti akan diberikan serentak pada bulan Mei, baik mereka yang ber-SK Bulan April atau tidak. Setelahnya, akan normal triwulan,” imbuhnya. 

Ia menyebutkan besaran gaji yang disiapkan untuk GTT pada 2017 adalah sekitar Rp 11 miliar, untuk satu tahun.

Editor : Kholistiono

Ruangan komen telah ditutup.