Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

KPP Pratama Gandeng Komunitas di Jepara untuk Sosialisasikan Pajak



Reporter:    /  @ 09:00:47  /  28 April 2017

    Print       Email

Aktivitas di Kantor KPP Pratama Jepara. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara menggandeng berbagai komunitas di Bumi Kartini untuk ikut menyosialisasikan pajak. Strategi itu dinilai ampuh untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor KPP Pratama Jepara Endaryono. Menurutnya, kedekatan dengan berbagai komunitas khususnya anak muda, membuka jalan bagi terciptanya kepatuhan masyarakat akan pajak. 

Dirinya menyebut, di Kabupaten Jepara terdapat sekitar 74 ribu wajib pajak (WP). Dari jumlah tersebut, 33 ribu di antaranya berasal dari WP nonkaryawan. 

“Tingkat kepatuhan pembayaran WP di Jepara naik 15 persen, jika dibandingkan dengan tahun 2016. Kini kepatuhan membayar menjadi 83 persen, sementara sebelumnya 68 persen. Hal itu karena dulu orang merasa takut bila ke kantor pajak, sekarang sudah biasa saja. Hal itulah yang meningkatkan tingkat kepatuhan,” ujar Endaryanto. 

Lebih lanjut, pihaknya akan meningkatkan sinergitas KPP Pratama Jepara dengan komunitas terutama generasi muda. Hal itu diwujudkan dengan peresmian ruang Sahabat 516, yang merupakan ruangan yang dapat dimanfaatkan masyarakat tanpa pungutan biaya. 

Ia mengatakan, terobosan itu tak berdampak langsung pada tingkat kepatuhan WP. Namun demikian, setelah menggunakan fasilitas masyarakat dapat menyebarkan informasi tersebut kepada khalayak ramai.

“Memang tidak memiliki efek langsung terhadap kepatuhan pajak. Namun dampak ikutannya setelah disebarluaskan kepada masyarakat, diharapkannya ada imbas ke KPP Pratama,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →