Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Harga Beras di Kudus Diperkirakan Naik Mei Mendatang



Reporter:    /  @ 16:20:49  /  27 April 2017

    Print       Email

Petugas Dinas Perdagangan bertanya kepada salah satu pedagang beras di Pasar Baru, Sarah saat menata beras dagangannya. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Menjelang datangnya bulan Ramadan tiap tahunnya, biasanya kebutuhan bahan pokok berangsur naik. Begitu pula dengan tahun ini, yang diperkirakan akan kembali mengalami kenaikan seperti tahun sebelumnya.

Sarah, pedagang beras di Pasar Baru, mengatakan kemungkinan besar harga beras akan naik mulai Mei mendatang. Itu, disebabkan karena kebutuhan masyarakat yang meningkat khususnya beras.

“Mei kemungkinan mulai naik harganya. Namun kenaikan tak banyak dan hanya kisaran Rp 300 saja. Jadi jika harga sekarang Rp 8.400 untuk medium, nantinya kemungkinan Rp 8.700,” katanya Kamis (27/4/2017).

Menurutnya, naiknya harga beras tak hanya berdasar pada banyaknya kebutuhan masyarakat semata. Namun dari pasokan juga mengalami penurunan, yang menyebabkan beras naik harganya.

Sementara, lanjutnya, untuk sekarang beras yang dijajakan olehnya didapat dari Blora dan Rembang. Karena, beras yang berasal dari Kudus sudah mulai menipis bahkan habis di beberapa tempat.

“Sedangkan untuk panen juga masih lama. Jadi kemungkinan besar untuk harga akan naik dalam waktu dekat nanti,” pungkas dia. 

Sementara, Imam Prayitno, Kepala Bidang Fasilitas Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus menjelaskan pihaknya bakal mengawasi Keberadaan beras di pasar. Dia tak yakin jika nantinya akan ada kenaikan harga karena pemerintah pusat tahun ini akan terjun langsung. 

“Sedang kami di kabupaten juga akan terus mengawasi. Kalau perlu jika pedagang menaikan harga, Bulog akan kami minta untuk berdagang di Pasar Baru,” jelasnya saat melakukan pantauan harga di Pasar Baru. 

Editor : Akrom Hazami 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Produktivitas Pertanian di Pati Selatan Terganjal Lahan Tidur

Selengkapnya →