Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Puluhan Ibu PKK Kudus Ramai-Ramai Tes Kanker Serviks



Reporter:    /  @ 17:00:06  /  26 April 2017

    Print       Email

Seorang ibu saat dimintai keterangan soal kesehatannya di gedung PKK Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Puluhan ibu PKK melakukan tes Kanker Serviks di gedung PKK, Kudus, Rabu(26/4/2017). Puluhan ibu-ibu, mengikuti tes guna mengetahui sejak dini apakah terjangkit penyakit tersebut ataukah tidak.

Sari Hermawati, Kepala Unit Pelayanan Managemen Kesehatan Primer Pelayanan Kesehatan BPJS kesehatan Kudus mengatakan,  kegiatan merupakan progam dari BPJS Kesehatan beserta PKK Kudus. Kegiatan juga diadakan dalam rangka Hari Kartini. “Kami menggandeng dr Hari Purwanto, spesialis kandungan. Yang mana juga sebagai narasumber dalam kegiatan hari ini,” katanya.

Kegiatan diikuti sekitar 60 orang. Jumlah tersebut meliputi pengurus PKK di tiap desa di Kudus. Tes dilakukan selama sehari. Untuk melakukan tes serviks, lanjut dia, membutuhkan dua cara.

Dia menjelaskan lebih lanjut, pertama dengan Inspeksi visual asam (IVA) yakni deteksi dini kanker leher rahim alternatif selain pap smear untuk memeriksa daerah yang tidak bisa dijangkau oleh pap smear.

Kedua dengan Pap Smear adalah sebuah prosedur untuk menguji kehadiran kanker serviks pada wanita. Pemeriksaan Pap Smear juga dapat mendeteksi perubahan sel-sel leher Rahim, yang kemungkinan dapat berubah menjadi kanker di masa depan. Cek tersebut sangat dibutuhkan lantaran untuk mengetahui gejala dini kanker. Kerahasiaan sangat terjamin sehingga bagi yang ikut tes tidak usah khawatir jika memiliki masalah soal kanker.

“Jika tahu maka dapat segera diobati sebab gejala kerap kali tidak dirasa. Padahal dampaknya bisa fatal. Jadi jika ditemukan akan segera diberi rujukan guna pengobatan,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →