MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Siswa SMA Muhammadiyah Kudus Simulasi Keselamatan Kebakaran

147
Pelajar SMA Muhammadiyah Kudus, melakukan kegiatan simulasi keselamatan kebakaran, di sekolahnya, Rabu (26/4/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Sekitar 400 orang pelajar SMA Muhammadiyah Kudus, melakukan kegiatan simulasi keselamatan kebakaran, di sekolahnya, Rabu (26/4/2016). Kegiatan tak hanya teori, tapi juga praktik secara langsung.

Kepala SMA Muhammadiyah Kudus, Muhammad Hasan, mengatakan kalau yang dihadirkan tak hanya dari pelajar sekolah tersebut. Tapi juga siswa SD, MI, hingga pelajar MTs dan SMA terdekat. “Ini sebenarnya lebih kepada mengingatkan, di mana pengetahuan dasarnya terhadap adanya bencana dapat disikapi sebagaimana mestinya,” katanya.

Acara dimulai dari asap yang mengepul dari dalam.kelas, kemudian di titik lain juga ada api yang menyala saat sekolah sedang aktif. Setelah itu, bunyi alarm dibunyikan untuk mengevakuasi seluruh siswa dan karyawan agar selamat. Kegiatan ditangani tim ahli, dari Muhammadiyah Kudus dan SAR Muhammad Jateng. Yang mana langsung mempraktikkan penanganan adanya keselamatan para penghuni sekolah.

Satrio Yudo, satu dari tim yang juga ikut hadir mengatakan, kalau praktiknya tadi terdapat dua siswa yang terjebak api. Pertama adalah siswa yang terjebak api hingga pingsan, sedang satunya lagi masih sadar namun sangat lemas. “Kami praktik cara menyelamatkannya. Jadi para siswa dan karyawan tahu penanganan jika sampai hal itu terjadi. Karena bencana bisa terjadi kapan saja,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menyebutkan dengan adanya kegiatan itu dapat memberi edukasi agar semua sadar untuk mewujudkan sekolah yang aman dan juga nyaman. Yang akhirnya akan sampai sekolah mandiri atas bencana. “Harapan tak hanya di SMA ini saja, namun semua sekolah bisa tahu hingga akhirnya selamat dari adanya bencana seperti kebakaran semacam ini,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.