Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pembangunan TPA Karimunjawa Belum Bisa Terealisasi Tahun Ini



Reporter:    /  @ 09:00:17  /  26 April 2017

    Print       Email

Tahun ini, pembangunan TPA di Karimunjawa masih belum bisa terealisasi. (MuriaNewsCom) 

MuriaNewsCom, Jepara – Pemkab Jepara rupanya belum memprioritaskan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Karimunjawa. Lantaran, perencanaan pembangunan fasilitas tersebut raib, pada APBD 2017.  

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Jepara Lulut Andi Ariyanto. Dirinya mengatakan, sempat mengusulkan anggaran Rp 1,5 miliar untuk kelanjutan pembangunan jalan menuju TPA dan pembuatan awal tampungan sampah. Namun demikian, setelah perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru poin tersebut justru tak muncul.

“OPDnya bubar, anggarannya juga hilang. Ada kesalahpahaman. Kami sudah bertanya ke Bappeda, untuk TPA Karimunjawa memang tidak dianggarkan tahun ini,” ujarnya.

Di samping itu, dengan peniadaan anggaran tersebut, pengadaan truk pengangkut sampah juga ikut hilang. Lulut mengatakan, sebelumnya telah mengusulkan kendaraan untuk mengangkut sampah ke lokasi tempat pembuangan. Untuk APBD 2016 TPA di Karimunjawa telah dianggarkan dana sebesar Rp 500 juta. Hal itu untuk membangun talut dan akses menuju tempat pembuangan.  

Sementara itu, bantuan dari Provinsi Jateng tak diberikan pada tahun 2017 ini. Hal itu mengingat, pemprov telah memberikan bantuan untuk pembelian dan perbaikan truk di TPA Bandengan. Hal itu menurut Lulut karena bantuan tidak bisa diberikan pada kabupaten yang telah menerima bantuan lain.

“Untuk Karimunjawa, Pemprov hanya membantu untuk pembuatan Detailed Enginered Design (DED) di tahun 2016. Sementara di tahun ini tidak bisa memberikan bantuan lagi karena tak bisa memberikan bantuan untuk dua program di satu kabupaten,” ungkap Lulut.

Lebih lanjut ia mengatakan, akan berusaha meminta persetujuan dinas terkait pengalihan anggaran untuk truk dump di Karimun untuk menjadi menjadi TPS, pada Perubahan APBD 2017. Namun demikian, hal itu bergantung pada persetujuan dinas terkait, dalam hal ini bagian keuangan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Taman Bajomulyo Juwana Dikembangkan Jadi Objek Wisata

Selengkapnya →