Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

Demi BOS Pendamping, Pemkab Kudus Surati Pemprov

15
Pelajar SMA melintas di sekolahnya, di Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kudus Eko Djumartono mengatakan, pemerintah provinsi telah menganggarkan BOS pendamping. Meski demikian jumlahnya lebih sedikit.

“Dari perhitungan, ada kebutuhan anggaran sebesar Rp 13 miliar untuk menutup biaya sekolah gratis, dari alokasi anggaran yang telah dikucurkan Pemprov Jateng untuk SMA sederajat di Kabupaten Kudus,” kata Eko di Kudus, Selasa (25/4/2017).

Menurutnya, dampak dari itu semua adalah wali murid masih harus menanggung biaya sekolah anaknya.  Padahal program sekolah gratis hingga 12 tahun merupakan salah satu program pemkab setempat.

Pihaknya tengah menyurati Pemprov Jateng menanyakan apakah bisa mengalokasikan anggaran untuk sekolah tersebut. Hanya, skenario anggaran yang dikucurkan bukan berupa hibah. Pemkab Kudus menyiapkan anggaran berupa bantuan sosial (bansos) untuk para murid  atau bea pelajar kurang mampu. Hanya, bansos umumnya dialokasikan untuk warga kurang mampu.

Jika memang pemprov mampu mengkaver anggaran untuk program sekolah gratis, maka pemkab tak perlu mengalokasikan anggaran tersebut.

Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani mengatakan, pihaknya mendukung langkah Pemkab Kudus untuk merealisasikan pendidikan gratis sampai SMA.

Editor : Akrom Hazami

Ruangan komen telah ditutup.