Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pati Masuk Kabupaten Berkinerja Terbaik ke-10 di Indonesia



Reporter:    /  @ 20:00:23  /  25 April 2017

    Print       Email

Pemkab Pati menerima penghargaan sebagai daerah berkinerja terbaik ke-10, Selasa (25/4/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pati masuk ke dalam kabupaten dengan kinerja terbaik ke-10 di Indonesia. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Wiranto, Selasa (25/4/2017).

Penetapan itu dilakukan, setelah Tim Nasional Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) melakukan penilaian atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2015. Penghargaan tersebut diterima Bupati Pati Haryanto pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXI di Alun-alun Sidoarjo.

Wiranto mengungkapkan, pemerintah daerah (pemda) punya peran strategis untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera. Karena itu, pemerintah provinsi (pemrov) diminta untuk selalu melakukan koordinasi dengan pemda dalam rangka melaksanakan pembangunan daerah berkelanjutan.

“Sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo, gubernur diminta aktif melakukan koordinasi efektif dengan bupati atau walikota di daerah masing-masing. Sinergi pemerintah pusat dan daerah sangat penting agar ekonomi dan pembangunan terus tumbuh,” ucap Wiranto.

Kendati Kabupaten Pati saat ini pro investasi dan mendukung bisnis, tetapi Wiranto tetap menyarankan kepada pemda untuk tetap memberikan kemudahan dunia usaha di Pati. Hal itu diharapkan agar perekonomian bisa terus tumbuh yang akhirnya dapat menyejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan, prestasi yang diraih Pemda Pati diakui cukup sulit. Pasalnya, ada banyak parameter yang menjadi penilaian sebelum Pati menempati peringat ke-10 dari seluruh daerah di Indonesia.

“Ini tidak lepas dari sebuah komunikasi yang baik antara pemkab dan DPRD, serta masyarakat. Kolaborasi antara eksekutif, legislatif dan masyarakat langsung akan mempermudah pembangunan,” kata Haryanto.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Begini Penjelasan KH Anwar Zahid Terkait Pentingnya Bersyukur saat Bangun Tidur

Selengkapnya →