Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Liburan, Tempat Pembuangan Sampah di Pati Ini Dibanjiri Wisatawan



Reporter:    /  @ 18:00:40  /  24 April 2017

    Print       Email

Sejumlah pengunjung tengah memadati kasawan TPA Sukoharjo, Margorejo, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bila tempat pembuangan sampah biasanya dihindari orang karena kotor, di Pati justru sebaliknya. Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang berada di Sukoharjo, Kecamatan Margorejo ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Kunjungan mereka bukan untuk melihat tumpukan sampah yang berserak. Namun, mereka melihat pemandangan alam di kawasan Pegunungan Pati Ayam yang hijau, serta kebun binatang mini yang disediakan di kawasan TPA Sukoharjo.

Erna, misalnya. Ibu rumah tangga asal Kayen ini memutuskan liburan bersama suaminya di TPA Sukoharjo, Senin (24/4/2017). Dia ingin suasana liburan yang berbeda, melihat aneka binatang di kawasan TPA yang teduh.

“Meski ini tempat pembuangan sampah, tapi tidak ada baunya. Bahkan, cenderung segar dan sejuk karena banyak pohon besar. Terlebih, saya pengen lihat hewan-hewan seperti kijang, monyet, berbagai jenis unggas dan burung, kelinci, serta landak,” ucap Erna.

Pengelola TPA Sukoharjo, Agus Sudarmono mengatakan, pengunjung lokal biasanya sebatas menghabiskan waktu liburan. Berbeda dengan pengunjung dari luar kota, seperti Kendal, Pekalongan, Magelang, Jakarta dan Tegal, mereka biasanya berkunjung untuk studi banding pengelolaan TPA.

“Saat hari libur, pengunjungnya membeludak. Kalau hari biasa juga banyak dikunjungi anak-anak dari PAUD, TK, atau SD. Mereka cukup senang melihat berbagai binatang. Mereka juga belajar sistem pengelolaan sampah yang ramah lingkungan,” imbuhnya.

Selama ini, TPA Sukoharjo memberikan kontribusi besar dalam setiap penilaian penghargaan Adipura di Kabupaten Pati. Lantaran memiliki poin paling tinggi di antara kriteria penilaian lainnya, TPA Sukoharjo menyumbang poin besar pada setiap penilaian penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup Adipura.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Taman Bajomulyo Juwana Dikembangkan Jadi Objek Wisata

Selengkapnya →