Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

Libur Panjang, Volume Sampah di Jepara Bertambah 25 Persen

9
Seorang pemulung sedang memilah sampah di TPA Desa Bandengan, Senin (24/4/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Libur panjang dan banyaknya kegiatan, berdampak pada meningkatnya volume sampah di Jepara. “Luar biasa (volume sampah) apalagi banyak acara, seperti di alun-alun,” ucap Lulut Andi Ariyanto, Kasi Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Jepara,  Senin (24/4/2017). 

Menurutnya, volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bandengan naik hingga 10 ton dari hari biasa. Dirinya menyebut, di hari normal total buangan sampah ke fasilitas tersebut berjumlah 40 ton hingga 43 ton. 

Lulut mengatakan, volume sampah juga berasal dari berbagai acara di bulan April. Meskipun ada komitmen untuk menjaga kebersihan venue tiap kali event berlangsung, namun kenyataan di lapangan berbicara lain. 

“Komitmennya ketika ada sebuah acara sampah dinolkan, artinya sebelum acara bersih, setelahnya juga harus bersih. Namun terkadang peserta acara ada yang langsung pergi, yah kami memaklumi mungkin karena capek. Akan tetapi, kami juga punya jalur pemungutan sampah sendiri, jadi kalau ada acara ya harus pintar-pintar mengatur petugas untuk mengatasi masalah tersebut,” ujarnya. 

Dirinya mengatakan, sampah yang masuk ke TPA Bandengan berasal dari Kecamatan Jepara, Batealit, Tahunan, sebagian Kedung dan sebagian Pakis Haji. 

Ia mengatakan, dengan kondisi seperti itu, fasilitas TPA masih bisa mengatasi. Namun demikian, ia tidak menampik kenyataan, volume sampah kini telah menggunung. 

“Ya kami berusaha agar meskipun banyak orang yang memproduksi sampah, namun jumlah yang masuk ke TPA tidak begitu banyak. Cara yang kami tempuh adalah dengan mengedukasi masyarakat, terkait pengelolaan sampah,” pungkas Lulut. 

Editor : Kholistiono

 

Ruangan komen telah ditutup.