Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Disperindag Jepara Ingin UMKM Galakkan Promosi



Reporter:    /  @ 18:03:50  /  22 April 2017

    Print       Email

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jepara berusaha mengedukasi pengusaha kecil agar mau berpromosi. Hal itu, karena pengusaha masih menganggap kegiatan promo menghabiskan dana besar. 

“Padahal, kegiatan promosi tidak bisa disamakan dengan penjualan. Dampaknya tidak instan, namun dalam jangka panjang,” ucap Slamet Riyanto, Kabid Perdagangan Disperindag Jepara. 

Menurutnya, pandangan pebisnis baik mebel dan barang lainnya, ketika berpromosi harus disertai dengan pembelian yang meningkat seketika. Padahal, menurut Slamet, ajang promo hakikatnya adalah mengenalkan produk dan menjaring relasi. 

“Memang promosi merupakan belanja terbesar dalam produksi. Manfaatnya pun tak langsung terasa. Tetapi begitu berpromosi, menyebarkan identitas perusahaan suatu saat jika buyer membutuhkan pasti menghubungi,” tuturnya. 

Oleh karenanya, pihaknya acapkali mengajak pengusaha berskala kecil untuk ikut berpameran. Dengan bergabung dengan pemkab, pengusaha bisa memangkas biaya promosi hingga setengahnya.  “Kalau membuka stan sendiri diperlukan lebih kurang biaya sekitar Rp 25 juta. Namun dengan bergabung dengan pemkab, biaya bisa ditekan hingga 50 persen,” ungkap Slamet. 

Dirinya menyebut, untuk tahun 2017 ada beberapa ajang promosi yang bisa diikuti. Namun kegiatan itu hanya bersifat lokal, bukan dalam negeri.

 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →