Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Bumi Kartini Expo 2017 Resmi Dibuka



Reporter:    /  @ 21:21:52  /  21 April 2017

    Print       Email

Anggota DPR RI Komisi VI Abdul Wachid melakukan pemotongan pita simbol dimulainya Bumi Kartini Expo 2017, Jumat (21/4/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Bumi Kartini Expo resmi dibuka bertepatan dengan hari lahir Kartini ke -138, Jumat (21/4/2017). Kegiatan yang digelar hingga 23 April 2017 itu diikuti oleh 50 stand usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Asisten III Setda Jepara Fatkurozzi menyebut, kegiatan ini tak hanya diikuti UMKM lokal tetapi juga dari luar daerah seperti Solo dan Pati. Selain itu, dipamerkan pula 10 stand kuliner khas Jepara, berikut lomba fashion show berbahan dasar kain troso dan batik.

“Pameran ini mempunyai peran yang sangat strategis bagi pelaku usaha. Ajang ini menjadi strategi pemasaran yang efektif dan tidak jarang menjadi kunci sukses ekspansi bisnis dalam persaingan usaha,” katanya.

Pihaknya mengharapkan, agar para pengusaha benar-benar memanfaatkan momen ini. Hal itu karena tidak semua warga Jepara telah mengenal produk-produk lokal.

Sementara itu anggota DPR RI Komisi VI Abdul Wachid menyebut, peran penting pengusaha mikro dalam pembangunan perekonomian warga. Politisi parta Gerindra itu mengakui keunggulan UMKM.

“Usaha kecil mikro relatif tahan dari goncangan ekonomi global. Artinya ketika ada gonjang-ganjing pada perekonomian global, mereka tetap bertahan,” ujarnya.

Namun demikian, UMKM dinilai masih memiliki beberapa kelemahan, di antaranya dalam sektor keuangan, produk dan manajemen keuangan. Selain itu kendala faktor produksi juga menjadi aral, karena saat ini usaha mikro kecil dan menengah bersaing dengan perdagangan global.

“Kami juga mendatangkan Penyertaan Modal Nasional Madani (PNMN) untuk memberikan pelatihan bagi penguatan produk, kemasan dan juga menyediakan pinjaman,” ungkap Wachid. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Tak Lengkapi Berkas, Nasib 2 Parpol Sebagai Peserta Pemilu Tunggu Keputuasan KPU Pusat

Selengkapnya →