Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Peringati Hari Kartini, Polwan di Pati Patroli dengan Berkebaya



Reporter:    /  @ 22:00:16  /  21 April 2017

    Print       Email

Polwan Polsek Wedarijaksa tengah berpatroli menggunakan kebaya untuk memperingati Hari Kartini, Jumat (21/4/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ada pemandangan yang berbeda saat mengunjungi Mapolsek Wedarijaksa pada Jumat (21/4/2017). Jika biasanya di kantor Polisi tersebut dipenuhi para anggota yang nampak gagah dengan seragam dinasnya, kini ada perempuan-perempuan anggun yang mengenakan kebaya.
Mereka adalah para polisi wanita (polwan). Mereka tampil cantik bukan sedang mengikuti kontes pakaian adat. Namun, mereka sedang memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April.

Meski berdandan ala wanita Jawa tempo dulu, namun kondisi itu tidak mengurangi kesigapan para polwan saat melayani masyarakat. Bahkan dalam suatu kesempatan, mereka tidak segan melakukan patroli menggunakan kebaya.

Saat berpatroli, para Kartini masa kini itupun mendatangi sejumlah lokasi. Salah satunya, pangkalan ojek Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil. Selain melakukan pembinaan masyarakat, polisi sempat memberikan reward kepada para tukang ojek yang patuh pada aturan lalu lintas dan kelengkapan berkendaranya.

Kapolsek Wedarijaksa AKP Sulistyaningrum mengatakan, mereka sengaja memberikan pelayanan dengan berkebaya lantaran terinspirasi oleh sosok Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita. “Ini menjadi cara kami untuk memperingati hari Kartini sebagai pahlawan pejuang emansipasi wanita,” ujar AKP Sulis.

Cara unik itu juga menjadi bagian dari upaya polisi untuk selalu dekat dengan masyarakat. Adapun kejutan yang diberikan kepada masyarakat yang taat berlalu lintas diharapkan agar warga semakin mengutamakan keselamatan saat berkendara. Pasalnya, keselamatan adalah kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →