Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pesan Menteri Sosial Khofifah untuk Perempuan Indonesia di Hari Kartini



Reporter:    /  @ 20:00:47  /  21 April 2017

    Print       Email

Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa saat berziarah di Makam Raden Ayu Kartini, Jumat (21/4/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – 21 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Katini.Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa, pada peringatan Hari Kartini ini melakukan ziarah di Makam Raden Ayu (RA) Kartini yang berada di Kecamatan Bulu, Rembang, Jumat (21/4/2017).

Menteri yang sekaligus sebagai Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) tersebut, juga didampingi oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Ny.Hasiroh Hafidz serta istri dari Wakil Bupati Rembang Vivit Bayu Andriyanto.

Seusai berziarah, Khofifah berpesan kepada perempuan di Indonesia supaya selalu menjaga kesehatannya. “RA Kartini ini kan meninggalnya lantaran komplikasi seusai melahirkan. Untuk itu, saya berharap, mengimbau kepada ibu-ibu atau wanita hamil supaya bisa selalu menjaga kesehatannya,” imbaunya.

Menurutnya, saat ini angka kematian ibu dan anak masih tinggi. Sehingga bagi ibu hamil diimbau untuk bisa memeriksakan kandungannya secara baik.

“Wanita hamil harus bisa memeriksakan kandungannya sebanyak 3 hingga 4 kali. Sebab saat jni angka kematian ibu dan anak juga masih tinggi,” ungkapnya.

Di sisi lain, terkait status Makam Raden Ayu Kartini yang akan dijadikan destinasi wisata nasional, dirinya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Rembang sudah mengusulkan mengenai hal itu ke Kementerian Sosial.

Untuk menentukan hal tersebut, menurutnya, harus ada fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Sehingga nantinya CSR perusahaan BUMN juga bisa disalurkan ke tempat itu.

Di sisi lain, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta ke Kementerian Pariwisata. “Jika Makam RA Kartini sudah menjadi destinasi wisata nasional, maka tingkat kunjungan peziarah supaya bisa ditingkatkan.Apalagi, Rembang merupakan wilayah yang dekat dengan Jawa Timur. Sehingga selain berziarah ke makam wali, maka bisa berziarah ke makam RA Kartini. Sebab Kartini juga sebagai salah satu murid Mbah Kiai Soleh Darat yang juga guru dari pendiri NU dan Muhammadiyah saat itu,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →