Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

BPBD Jepara Siapkan Anggaran Rp 22 Juta untuk Atasi Dampak Kemarau



Reporter:    /  @ 08:00:32  /  21 April 2017

    Print       Email

Ilustrasi dropping air. BPBD Jepara telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 22 juta untuk dropping air ketika kemarau. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – BPBD Jepara menyiapkan anggaran sebesar Rp 22 juta, guna mengatasi dampak musim kemarau. Dana tersebut digunakan untuk penyaluran air pada daerah yang mengalami kekeringan.

“Sudah disiapkan Rp 22 juta untuk droping air. Namun jika kondisi kemarau masif ya tidak cukup,” ujar Kasi Rehabilitasi dan Rekondisi Jamaludin.

Ia menyampaikan, perkiraan musim kemarau jatuh pada sekitar bulan Juni-Juli 2017. Dengan demikian, jika ada daerah yang mengalami kekeringan diminta untuk mengajukan proposal droping air kepada Pemkab Jepara yang ditembuskan ke pihak BPBD Jepara.

Jamaludin mengatakan, pihaknya telah memetakan beberapa daerah yang rentan kekeringan. Di antaranya, Raguklampitan, Rajekwesi, Tunngul, Pandean, Bate Gede, Kedung Malang, Karangaji, Gerdu, Kaliombo, Sinanggul dan Kepuh.”Lebih kurang ada 15 tempat yang rentan mengalami masalah kekeringan,” ujarnya.

Dana tersebut menurutnya digunakan untuk membeli air bersih dari tiga agen.

Dirinya menambahkan, jika kekeringan meluas, pihaknya melalui Pemkab Jepara kemungkinan besar bisa menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) dari BNBP. Namun demikan, untuk menggunakannya, Pemerintah Kabupaten terlebih dahulu harus mengumumkan keadaan siaga bencana kekeringan terlebih dahulu.

Ditanya mengenai solusi jangka panjang mengatasi kekeringan, Jamaludin menyebut dengan pembuatan sumur. Namun demikian, hal itu tidak mungkin dilakukan dengan dana APBD Jepara.

“Ada beberapa tempat yang sudah dibikinkan fasilitas sumur, di antaranya Tunggul pandean, Sowan Kidul, Sinanggul, Karanggondang, Kepuh dan Empurancak. Masing-masing memiliki satu fasilitas sumur, kecuali Desa Sinanggul yang diberi dua sumur,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, fasilitas sumur telah dilengkapi dengan pompa air, tandon dan pipanisasi. Kecuali listrik, semua kelengkapan diberikann cuma-cuma kepada warga.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →