Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ratusan Warga Binaan di Rutan Rembang Ikuti Khataman Alquran



Reporter:    /  @ 22:36:09  /  20 April 2017

    Print       Email

Ratusan warga binaam Rutan Kelas II B Rembang mengikuti kegiatan mengaji bersama.(MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Ratusan warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rembang mengikuti khataman Alquran di aula setempat pada, Kamis (20/4/2017). Kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah kiai dari Rembang.

Kegiatan ini, secara serentak juga dilakukan di seluruh rutan atau lapas yang ada di Indonesia dalam rangka Nusantara Mengaji.

Koordinator Nusantara Mengaji Rembang, Ahmad Najieh mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan nilai spiritual dan meminimalisasi pelanggaran di lingkungan rutan.

“Pada acara Nusantara Mengaji ini, agendanya antara lain salat berjamaah, khataman Alquran dan doa Khotmil Quran dan diakhiri dengan ramah tamah sambil mengikuti siaran langsung teleconference pelaksanaan kegiatan yang sama di seluruh lapas dan rutan di Indonesia,” katanya.

Najieh menambahkan, membaca Alquran juga dapat mendatangkan ketenangan bagi napi. Dengan begitu, akan mengurangi tekanan mental yang dihadapi dalam tahanan.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Rembang Ruspriyatno mengatakan, acara seperti ini belum pernah diselenggarakan sebelumnya. “Ini adalah terobosan baru, tujuannya adalah untuk mengajak warga binaan menghayati kitab suci Alquran, sehingga ketika kembali ke masyarakat, mereka memahami peran manusia sebagai pemimpin dan hamba Allah SWT yang mempunyai kewajiban menaati peraturan yang berlaku,” tuturnya.

Di samping itu, menurut Ruspriyatno, ada beberapa napi yang belum bisa membaca Alquran. Oleh karena itu, kegiatan membaca Alquran ini penting untuk melatih mereka belajar melantunkan ayat-ayat Alquran.

Acara Nusantara Mengaji ini diikuti 250 peserta, yang terdiri dari warga binaan Rutan Rembang dan jemaah Nusantara Mengaji.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →