Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Akhirnya 53 Ribu Siswa Madrasah di Kudus Terima BOS



Reporter:    /  @ 21:04:06  /  20 April 2017

    Print       Email

Pelajar salah satu MTs di Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 53.267 siswa, baik MI, MTs dan MA negeri dan swasta telah menerima dana BOS periode 2017. Dana tersebut telah sampai di tiap sekolah di Kudus beberapa waktu yang lalu.

Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kudus Su’udi mengatakan, dana BOS yang cair, langsung masuk ke tiap madrasah. Dan pencairan dana BOS berdasarkan aturan, dilakukan tiga bulan sekali setiap tahunnya.

“Dengan cairnya dana BOS ini, maka sekolah sudah bisa menggunakan untuk kebutuhan belajar mengajar di sekolahnya. Jadi pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar dan semestinya,” kata Su’udi di Kudus, Kamis (20/4/2017).

Menurutnya, pencairan dana BOS kali ini juga berbeda dari biasanya. Karena, khusus kali ini cairnya masuk dalam periode pertama dan juga periode kedua. Jadi jumlahnya yang diterima sekolah juga dua kali lipat dari jumlah biasa. Dikatakan, besarnya dana BOS yang diberikan kepada masing-masing siswa berbeda tiap jenjang. Seperti halnya untuk siswa MI sebesar Rp 800 ribu per orang, MTs sebesar Rp 1 juta per orang, dan MA sebesar Rp 1,4 juta per orang.

Dengan jumlah tersebut, maka secara keseluruhan dana BOS yang disalurkan tahap pertama mencapai Rp 4,87 miliar, untuk tingkat MI, sedangkan MTs sebanyak Rp 4,59 miliar dan MA sebesar Rp3,69 miliar.

Berdasarkan data Kemenag, jumlah siswa MI di Kabupaten Kudus sebanyak 24.338 orang  yang berasal dari 139 sekolah, pelajar MTs sebanyak 18.373 orang dari 65 sekolah dan pelajar MA sebanyak 10.556  orang yang berasal dari 35 sekolah. “Dana BOS yang sudah cair, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh sekolah. Termasuk juga dengan menggunakan sebagai biaya operasional dan menggaji GTT di sekolah,” ungkap dia

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →