MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kemenag Rembang Buka Rekrutmen Petugas Haji

130
Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Rembang Shalehuddin (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Kementerian Agama (Kemenag) Rembang telah membuka rekrutmen petugas haji tahun 2017 ini.  Rekrutmen tersebut untuk formasi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Rembang Shalehuddin mengatakan, nantinya yang akan dibutuhkan yakni ada empat petugas. Di antaranya, dua orang TPHI dan dua orang TPIHI.

“Dalam persyaratan TPHI harus laki-laki. Sedangkan untuk TPIHI boleh laki-laki atau perempuan. Selain itu, untuk TPHI umurnya mulai dari 25 hingga 57 tahun, sedangkan TPIHI berumur 30 hingga 65 tahun. Yang jelas mereka sudah pernah berhaji sebelumnya. Selain itu juga susah lulus sarjana,” paparnya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai waktu dan pelaksanaannya, ia mengutarakan bahwa rekrutmen sudah dimulai sejak bulan April 2017 ini.

“Untuk pendaftaran dan seleksi segala administrasi di tingkat kabupaten sudah dilakukan mulai tanggal 18 hingga 21 April 2017. Selain itu, untuk dilanjutkan dengan uji kompetensi di tingkat kabupaten pada 28 April 2017 mendatang,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, untuk hasilnya nanti di serahkan ke  Kemenag Provinsi Jateng pada 2 Mei mendatang. Sedangkan, untuk nama-nama peserta yang berhak ikut seleksi tingkat provinsi akan diumumkan pada 4 Mei 2017 mendatang.

“4 Mei 2017 mendatang sudah ada pengumuman hasil seleksi di tingkat Kemenag Jawa Tengah. Siapa saja yang akan diseleksi. Nantinya mereka akan mengikuti test di Kemenag Jateng, baik tertulis dan wawancara. Nah ujian itu akan diagendakan pada tanggal 10 Mei 2017 mendatang. Sedangkan untuk mengkroscek hasil test akan akan dilakukan pada tanggal 11 Mei. Sehingga nantinya pada 12 Mei bisa diketahui dan diumumkan,” ucapnya.

Dia menambahkan, panitia dari Kemenag Provinsi Jateng akan menyerahkan hasil penetapan dari Kepala Kemenag Jawa Tengah untuk petugas TPHI dan TPIHI. “Sehingga nantinya dapat dilaporkan ke pusat, guna ditetapkan dengan SK Dirjen PHU (penyelenggara haji dan umrah, red.) pada 16 Mei 2017 mendatang,” tegasnya.

Editor : Kholistiono

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.