Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kamu Tahu, Kartini Itu Ternyata Seorang Salesman yang Handal



Reporter:    /  @ 18:00:29  /  20 April 2017

    Print       Email

Peserta diskusi peringatan Hari Kartini dengan tema ”Kartini, Apa Hebatnya”, berfoto bersama usai acara, yang berlangsung di Pendapa Kecamatan Pecangaan, Rabu (19/4/2017).(MuriaNewsCom/Merie)

MuriaNewsCom, Jepara – Masyarakat mengenal Raden Ajeng (RA) Kartini barangkali lebih banyak hanya sebagai pahlawan emansipasi wanita, yang setiap tanggal kelahirannya, yakni 21 April, diperingati secara nasional.

Namun, pernahkan diketahui bahwa seorang Kartini rupanya adalah seorang salesman atau marketing yang handal? Terutama sekali di bidang pemasaran hasil-hasil mebel Jepara.

”Ya, Kartini itu seorang salesman yang handal. Dia memasarkan produk-produk mebel karya pengrajin atau masyarakat Jepara, kepada kenalannya yang kebanyakan adalah warga Belanda. Dan itu, laris sekali,”” jelas sejarawan asal Jepara, Abdi Munif, dalam acara diskusi peringatan Hari Kartini yang mengambil tema ”Kartini, Apa Hebatnya”, di Pendapa Kecamatan Pecangaan, Rabu (19/4/2017).

Dalam acara yang digagas Komunitas 94 (K-94) tersebut, Munif mengatakan bahwa Kartini menawarkan aneka produk kerajinan Jepara, baik meja, kursi, tempat tidur, dan aneka mebeler lainnya, kepada kenalannya yang notabene warga Belanda, yang ada di luar kota.

”Itu berlangsung dengan menggunakan surat sebagai alat korespondensi. Saat orang Belanda di Batavia memesan mebeler, mereka mengirimi Kartini surat, barang apa saja yang diinginkan. Dan kemudian Kartini akan meneruskan pesanan itu ke pengrajin. Setelahnya, Kartini akan membalas suratnya, dengan rincian harga dari mebeler tersebut. Dan Kartini, sama sekali tidak mengambil untung dari sana,” paparnya.

Karena itu, banyak orang Batavia, atau yang sekarang dikenal sebagai Jakarta, mengenal baik karya mebel orang Jepara. Semangat Kartini inilah, yang menurut Munif, sudah ditiru banyak kaum perempuan di Indonesia. ”Termasuk di Jepara sendiri. Banyak perempuan yang berwirausaha. Dan banyak yang sukses,” katanya.

Inspirasi Kartini sebagai entrepreuner inilah yang kemudian menjadi salah satu hal yang membuat kaum perempuan di Indonesia, menjadi berbeda dulu dan sekarang. Munif mengatakan, sosok Kartini benar-benar seorang inspirator sejati.

”Padahal, Kartini itu kan hanya menginspirasi lewat kata-kata saja. Namun tengok saja apa yang terjadi sekarang. Apa yang disampaikan Kartini hanya lewat surat itu, sampai saat ini menjadi hal yang terus didengungkan kaum perempuan, untuk bisa memperbaiki nasib mereka,” kata pria yang juga aktivis dari Sanggar Berkahe Tiyang Sepuh (BTS) Mayong tersebut.

Munif menambahkan, di Indonesia hanya Kartini yang tanggal kelahirannya diperingati setiap tahunnya. Padahal, di Indonesia, banyak pahlawan perempuan lain yang tidak kalah hebatnya. ”Meski Kartini tidak mengangkat senjata melawan penjajah, namun yang dilakukannya mampu membuat pemikiran banyak orang berubah dalam melihat perempuan. Dan itu masih relevan sampai sekarang dan nanti. Sehingga Kartini itu seorang yang sangat istimewa,” imbuhnya.

Acara diskusi itu sendiri, dihadiri kalangan ibu-ibu penggerak PKK yang ada di Kecamatan Pecangaan, serta siswa-siswa sekolah. Dalam acara itu, peserta juga diminta menuliskan surat cinta untuk Kartini.

Editor: Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →