Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ada Kebiasaan Kartini yang Disebut Sama dengan Remaja Zaman Sekarang



Reporter:    /  @ 11:00:17  /  20 April 2017

    Print       Email

Edi Winarno (dua dari kanan) dalam sebuah acara dialog budaya di Pendopo Museum RA Kartini kemarin. (Istimewa)

MuriaNewsCom,Rembang – Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Rembang Edi Winarno mengatakan, ada kebiasaan Raden Ayu (RA) Kartini saat remaja yang hampir sama dengan remaja pada zaman sekarang.

Hanya saja, ia mengatakan, bahwa kesamaan kebiasaan Kartini ketika itu yakni selalu membuka buku, membaca buku di saat bangun tidur. Sedangkan anak zaman sekarang, membuka handphone dan kemudian membaca seusai tidur.

“Kartini itu, selalu membuka dan membaca buku seusai atau saat bangun tidur. Sedangkan remaja saat jni, selalu membuka dan membaca WA, BBM, Faceebook dan sejenisnya saat bangun tidur,” kata Edi.

Dengan kebiasaan yang positif itulah, menurut dia, Kartini mempunyai ilmu pengetahuan yang luas, khususnya ilmu pengetahuan umum maupun agama.

“Kebiasaan membuka dan membaca buku itu, menunjukan bahwa kaum wanita telah diangkat. Yakni memberikan contoh, bahwa kaum wanita harus bisa mempunyai keterampilan, pengetahuan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Sementara itu, ia juga berharap supaya kebiasaan Kartini saat remaja dapat dicontohkan pada remaja saat ini. “Ya setidaknya dapat dicontoh (membuka, membaca buku). Meskipun hanya beberapa menit saja. Sehingga ilmu pengetahuan remaja dapat berkembang pesat,” ucap pria yang juga menjabat Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Rembang.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Taman Bajomulyo Juwana Dikembangkan Jadi Objek Wisata

Selengkapnya →