Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

DPRD Kudus Nilai Lelang Banda Desa Cukup Besar

INFO DPRD KUDUS

12
Kegiatan DPRD Kudus, (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani mengatakan, saat ini hasil lelang banda desa yang dikelola desa cukup besar. Rata-rata nilainya mencapai Rp 400 juta. Anggaran sebesar itu dinilainya sudah memadai jika dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas madrasah diniyah takmiliyah (MDT).

“Apalagi manfaat MDT di desa sangat besar. Jika Pemdes tidak mau turun tangan dan hanya berharap kucuran anggaran dari Pemerintah Daerah, jelas akan sangat sulit mengingat keterbatasan anggaran daerah. Paling realistis ya menggunakan anggaran di desa,” kata Ilwani.

Menurutnya, anggaran yang ditransfer ke -123 desa di Kabupaten Kudus tahun ini mencapai Rp 219,89 miliar.  Rinciannya, dana desa dari Pemerintah Pusat Rp 103,69 miliar, ADD (APBD Kudus) sebesar Rp 106,02 miliar, dana bagi hasil pajak daerah sebesar Rp 8,24 miliar dan dana bagi hasil retribusi sebesar Rp 1,95 miliar.

Dia menambahkan, naiknya anggaran untuk desa dari tahun ke tahun diharapkan berimbas pada perbaikan kondisi bangunan dan kesejahteraan guru MDT.  Persoalan perbaikan gedung dan kesejahteraan guru  MDT yang banyak tersebar di desa-desa, seharusnya cukup ditangani oleh Pemeritah Desa (Pemdes) saja.

Pemerintah daerah jelas tidak kuat jika diharuskan memperbaiki gedung madrasah dan meningkatkan kesejahteraan guru diniyah. Kudus sendiri sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) MDT.

Namun, efek perda tersebut bagi perbaikan gedung madrasah dan kesejahteraan guru MDT ibarat masih jauh panggang dari api. “Solusi termudahnya, Pemdes harus mau mengalokasikan anggaran untuk perbaikan gedung madrasah, sekaligus meningkatkan kesejahteraan guru MDT,” kata Ilwani.

Editor : Akrom Hazami

 

Ruangan komen telah ditutup.