Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Keakraban dalam Jamuan Makan Malam dengan Keluarga Raden Ayu Kartini di Rembang



Reporter:    /  @ 20:00:12  /  19 April 2017

    Print       Email

Keluarga besar Raden Ayu Kartini foto bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz, Wabup Rembang Bayu Andriyanto, Wakil Kedutaan Besar Belanda Michael dan Kapolres Rembang AKBP Sugiarto, Selasa (18/4/2017) malam. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Pemerintah Kabupaten Rembang menyelenggarakan jamuan makan malam bersama keluarga besar Raden Ayu Kartini di Pendapa Museum Kartini Rembang, Selasa (18/4/2017). Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan Kedutaan Pemerintah Belanda, Bupati Rembang Abdul Hafidz, keluarga besar RA Kartini dan tamu undangan.

Dalam kesempatan itu, keluarga Kartini memberikan restu jika Kartini milik Kabupaten Rembang. Bupati  menyebutkan, ada data yang menguatkan bahwa istri Bupati Rembang Djojo Adhiningrat itu layak menjadi milik Rembang. Di antaranya RA Kartini berjuang dan berkuasa di Rembang, melatih berbagai keterampilan termasuk dimakamkan di Rembang.

“Raden Ayu Kartini menjadi milik Rembang. Bukan milik siapa-siapa. Sebab, Kartini memperlihatkan performnya juga di Rembang. Salah satunya, ia juga  latihan membatiknya di Rembang, keterampilannya di Rembang serta jasadnya juga di Rembang,” ujarnya.

Untuk itu, pemkab saat ini berupaya untuk mengobarkan semangat Kartini, termasuk budaya yang diwariskannya. Menurutnya, dengan berbagai budaya dan fakta sejarah darinya itu, pihaknya memperjuangkan Kartini  di Kabupaten Rembang.

Ia juga menyampaikan, bahwa di Belanda, sosok Kartini sangat dikagumi.  Di Negara Kincir Angin, Kartini menjadi inspirasi banyak orang. Karena itu, sebagai warga negara Indonesia juga harus mengagumi sosok  Kartini.

Di sisi lain, perwakilan Duta Besar Belanda, Michael mengutarakan, bahwa kegiatan semacam ini merupakan langkah yang bagus. “Edukasi itu penting bagi anak muda, penerus bangsa. Supaya nantinya ilmu pengetahuan, pendidikan yang diajarkan Kartini dapat diterapkan di zaman sekarang ini,” tambahnya.

Sementara itu, Joddy Mulya Setya Putra canggah dari Raden Ayu Kartini mewakili keluarga  berterima kasih kepada Pemkab Rembang. Selain sebagai penghargaan terhadap jasa-jasa pahlawan emansipasi wanita, sekaligus sebagai bentuk upaya untuk melestarikan budaya yang telah diwariskan leluhur.

“Di zaman era milenia saat ini, masyarakat banyak yang meninggalkan budayanya. Terlebih sekarang kaum millennial lebih mengikuti kemajuan teknologi,”ungkapnya.

Ia menilai, kebudayaan Indonesia yang sudah diajarkan oleh pendahulu bangsa tentunya mempunyai nilai nilai luhur yang dapat diterapkan dalam waktu saat ini.

Untuk diketahui keluarga besar Kartini yang hadir pada malam tersebut cucu menantu RA Kartini Sri Bijatini, dua cicit yang bernama Rukmini dan Samingun Bawadiman, cicit menantu Umiyati serta dua canggah Kartini juga Joddy Mulya Setya Putra dan Hanif Satrio Rahmansyah.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Begini Penjelasan KH Anwar Zahid Terkait Pentingnya Bersyukur saat Bangun Tidur

Selengkapnya →