Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pengunjung Padati Tempat Ari-ari Kartini di Mayong Jepara



Reporter:    /  @ 12:00:23  /  19 April 2017

    Print       Email

Sejumlah siswa antusias melihat tempat disimpannya ari-ari (plasenta) pahlawan nasional RA Kartini, yang berada di kompleks Kantor Kecamatan Mayong, Rabu (19/4/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Dua hari jelang peringatan hari kelahiran RA Kartini, pengunjung terlihat memadati tempat ari-ari (plasenta) di Kompleks Kecamatan Mayong, Rabu (19/4/2017). Mereka memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto di depan petilasan yang dilindungi oleh kaca tersebut. 

Seperti Maria Ulfah (60). Guru di TK Aisyiah Sengon itu mengatakan datang bersama murid-muridnya. “Saya tiap tahun rutin ke sini (kompleks Kecamatan Mayong), tujuannya mendampingi murid mengikuti lomba. Selepas tadi mewarnai, saya ajak murid saya ke tempat ari-ari Bu Kartini,” ujarnya yang telah mengajar sejak tahun 1975 itu. 

Ia mengatakan, selalu berusaha menularkan semangat Kartini kepada anak didiknya. Menurutnya, jasa pahlawan wanita itu membawa banyak perubahan kepada kaumnya. 

“Ya selalu saya ceritakan tentang jasa Bu Kartini dalam emansipasi wanita. Kalau dulunya wanita cuma bisa uleg-uleg (memasak) sekarang sudah bisa merambah ke pekerjaan lain,” tuturnya. 

Tempat ari-ari Kartini sendiri merupakan sebuah pendapa, yang terdapat sebuah monumen berbentuk bunga lotus. Di atasnya terdapat sebuah panci dari tanah. Monumen itu dilindungi oleh kaca agar tidak tersentuh oleh tangan pengunjung. 

Sementara, di samping kiri bangunan tersebut, didirikan sebuah monumen yang bertuliskan “Tempat RA Kartini dilahirkan 21 April 1879”. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Tak Lengkapi Berkas, Nasib 2 Parpol Sebagai Peserta Pemilu Tunggu Keputuasan KPU Pusat

Selengkapnya →