Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Puluhan Pemuda di Pati Ikuti Sosialiasi Peluang Kerja



Reporter:    /  @ 18:30:56  /  18 April 2017

    Print       Email

Puluhan pemuda di Pati mengikuti sosialisasi peluang kerja di Balai Desa Tanjunganom, Gabus, Selasa (18/4/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Puluhan pemuda di Pati mengikuti sosialisasi peluang kerja di dalam dan luar negeri. Sosialiasi yang diadakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah tersebut digelar di Balai Desa Tanjunganom, Gabus, Selasa (18/4/2017).

Kegiatan yang diadakan atas kerja sama DPRD Jawa Tengah dan Dinas Ketenagakerjaan tersebut dihadiri Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Tengah, Kartina Sukawati. Ditemui MuriaNewsCom di sela-sela kegiatan, Ina mengatakan, sosialiasi peluang kerja dirasa perlu mengingat banyaknya lowongan kerja yang belum bisa diakses dengan baik.

“Banyak pemuda lulusan tingkat SMA maupun sarjana yang nganggur dan tidak bisa mengakses peluang kerja. Karenanya, butuh sosialisasi untuk memberikan bekal kepada mereka agar bisa mengakses peluang kerja dengan mudah, baik di dalam maupun luar negeri,” ungkap Ina.

Dia menambahkan, kegiatan sosialisasi peluang kerja tidak sekadar acara formalitas belaka. Namun, para peserta ke depan akan difasilitasi dengan pelatihan. Hal itu diharapkan bisa membuka peluang bagi lulusan untuk menjadi enterpreneur.

“Peluang kerja itu bisa eksternal maupun internal. Eksternal yang dimaksud, orang mendaftar kerja di perusahaan, sedangkan internal itu bagaimana seseorang bisa menciptakan peluang kerja untuk dirinya sendiri. Biasanya, orang punya kemahiran apa, di situ dia bisa memanfaatkannya sebagai peluang kerja,” tutur Ina.

Sementara itu, staf Disnakertrans Kabupaten Pati Suparwi menjelaskan, pihaknya selama ini sudah melakukan aksi “jemput bola” agar masyarakat mendapatkan sosialisasi peluang kerja yang tepat. Tak hanya membuka job fair, pihaknya acapkali melakukan pelatihan dan pembinaan kepada calon tenaga kerja.

“Kami berkomitmen untuk mengentaskan angka pengangguran di Pati. Salah satu caranya dengan melakukan pembinaan atau pendampingan dari masyarakat yang punya keahlian di bidang kewirausahaan, termasuk sosialisasi,” tandas Suparwi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Wabup Pati Sidak di Dinas Pertanian, Ini Temuannya

Selengkapnya →