Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tim Badan Hisap Rukyat Siap Tentukan 1 Ramadan 1438 Hijriah



Reporter:    /  @ 20:30:54  /  18 April 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang bakal  terjunkan tim Badan Hisab Rukyat (BHR) untuk menentukan tanggal 1 Ramadan 1438 Hijriah mendatang. Pemantauan untuk menentukan awal Ramadaan akan dilakukan pada tanggal 29 Sya’ban mendatang.

Ketua Tim Badan Hisap Rukyat Kemenag Rembang Ali Muhidin mengatakan, dalam penentuan awal Ramadan, pihaknya akan menggunakan Pantai Karang Jahe, Desa Punjulharjo, Rembang sebagai tempat untuk melakukan pamantauan hilal.” Tempat itu sudah beberapa kali dijadikan tempat aktivitas serupa pada setiap tahunnya,” katanya.

Selain itu, saat ditanya mengenai mengapa tempat tersebut dilakukan untuk memantau hilal, ia mengutarakan bahwa tempat itu mudah dijangkau warga.

“Kalau di Karang Jahe kan ada dua fungsi. Di antaranya yakni tempatnya luas, datar dan bisa dijangkau warga yang ingin melihat aktivitas (rukyat) ini sebagai pendidikan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pada tanggal 29 Sya’ban mendatang, dijadwalkan jatuh pada bulan Mei 2017. ‚ÄúDengan adanya pemantauan hilal di Karang Jahe nanti, kita juga  berharap dapat mendongkrak wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata yang sedang digandrungi ini. Kalau masalah perbedaan awal Ramadan antara ormas satu dengan lainnya, tentunya nantinya pihak pemerintah pusat akan menggelar sidang istbat,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →