Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

Plt Bupati Jepara Minta Anak-anak Ikut Lestarikan Dongeng

13
Anak-anak sedang mengikuti lomba bercerita yang diadakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Jepara, Selasa (18/4/2017). (Istimewa)

MuriaNewsCom, Jepara – Plt Bupati Jepara Sholih mengingatkan kawula muda turut melestarikan budaya daerah, melalui dongeng.Ihwal tersebut disampaikannya saat membuka lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kabupaten Jepara, Selasa (18/4/2017). Ia mengaku prihatin akan minimnya pengetahuan terhadap sejarah dan legenda daerah sendiri.

“Saat ini banyak anak-anak yang tidak mengetahui betapa banyaknya sejarah dan legenda yang kita punya. Dengan lomba ini diharapkan anak-anak turut melestarikan budaya Jepara,” tutur Sholih di halaman Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Jepara. 

Dirinya menyebut, kegiatan mendongeng sangat ampuh dalam mengasah perkembangan mental dan imajinasi anak-anak. Ia menyebut, banyak dongeng asal Jepara yang patut dilestarikan, seperti dongeng Gong Senen, Patih Badar Duwung, Babad Bangsri. Selain itu adapula kesejarahan mengenai tokoh emansipasi RA Kartini, Ratu Shima ataupun Ratu Kalinyamat.

Dengan pengetahuan akan berbagai dongeng tersebut, timbul kesadaran dan kebanggaan akan daerah sendiri. “Pada akhirnya pengetahuan ini akan meningkatkan rasa cinta kepada daerah dan tanah air. Inilah yang disebut sebagai rasa nasionalisme,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskarpus Istono menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan budaya gemar membaca bagi pesertanya. Pada lomba tersebut, diikuti 26 siswa SD atau MI kelas empat. Adapun, ajang tersebut diselenggarakan selama dua hari, mulai Senin hingga Selasa (18-19/4/2017). “Nantinya, pemenang lomba akan mewakili Jepara maju ke tingkat Provinsi,” pungkas Istono.

Editor : Kholistiono

Ruangan komen telah ditutup.