Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Calon Jemaah Haji Pati Mulai Melunasi Biaya Haji



Reporter:    /  @ 17:00:25  /  18 April 2017

    Print       Email

Sejumlah calon jemaah haji mengurusi kelengkapan administrasi di Kantor Kemenag Pati, Selasa (18/4/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Calon jemaah haji Pati mulai melunasi biaya haji, karena dijadwalkan akan berangkat pada Juli 2017. Sejumlah petugas tampak melayani calon jemah haji di ruang urusan haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pati, Selasa (18/4/2017).

Salah satu yang datang, antara lain Endang, calon jemaah haji asal Pucakwangi RT 1 RW 2. Dia menyetorkan sejumlah persyaratan administrasi, seusai melunasi biaya haji di Bank Muamalat.

“Dulu, pendaftarannya di Bank Muamalat, pelunasannya ya di situ juga. Dari Bank Muamalat, datanya akan disetorkan ke Kemenag. Pelunasannya kurang foto, saya pinjam dari Kemenag, hari ini saya kembalikan. Blanko pelunasan mengharuskan ada fotonya ukuran 3×4,” ujar Endang.

Selama mengurus haji, Endang mengaku lancar dan tidak ada persoalan. Dia berharap, agar diberi kesehatan hingga pelaksanaan ibadah haji yang kemungkinan dijadwalkan pada Juli 2017 mendatang.

Sementara itu, Kepala Kemenag Pati Ahmad Mundzakir menuturkan, saat ini sudah ada 1.670 orang yang bersiap mengikuti ibadah haji. Namun, jumlah itu masih bisa kurang atau tambah.

Hal itu disebabkan adanya faktor kesehatan, kematian atau ibu hamil yang dilarang untuk menunaikan ibadah haji. “Bisa jadi berkurang atau bertambah. Kalau berkurang, bisanya adanya faktor kesehatan, sedangkan bisa bertambah bila ada penggabungan mahrom,” ucap Mundzakir.

Penggabungan mahrom yang dimaksud, misalnya ada pengajuan permohonan penggabungan suami-istri atau orang tua kepada anak. Orang tua yang sudah mulai renta biasanya didampingi anaknya, sehingga kemungkinan penggabungan mahrom diakui bisa saja terjadi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

KPU Grobogan Perpanjang Jadwal Pendaftaran PPK di 3 Kecamatan, Ini Alasannya

Selengkapnya →