Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pemkab Jepara Dapat Hibah 26 Foto Kartini dari Belanda



Reporter:    /  @ 13:50:38  /  18 April 2017

    Print       Email

Sejumlah pengunjung sedang melihat koleksi di Museum Kartini, Selasa (18/4/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mendapat hibah foto-foto Kartini dari Pemerintah Belanda, sejumlah 26 buah. Bila sesuai rencana, foto hasil reproduksi digital itu akan sampai di Jepara pada hari Rabu (19/4/2017).

“Bila tidak hari Rabu ya Kamis itu (foto Kartini) sampai di Jepara. Selanjutnya akan dipamerkan sementara di Pringgitan yang ada di kompleks Pendapa Pemkab Jepara. Setelahnya, akan dipamerkan di Museum Kartini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Deni Hendarko, Selasa (18/4/2017).

Ia menyebut, sejumlah foto yang dihibahkan oleh Belanda mendokumentasikan potret Kartini, keluarga dan Jepara tempo dulu. Dikatakan Deni, beberapa foto tersebut dimungkinkan serupa dengan koleksi yang ada di Museum Kartini. Namun demikian, dari segi kualitas barang tersebut dinilai lebih baik. 

Dirinya menjelaskan, sebelumnya Belanda hanya akan menghibahkan foto dalam bentuk digital sebanyak 75 buah. Namun terdapat perkembangan situasi,di mana 26 dari 75 file digital telah dicetak. 

Hal itu karena potret-potret yang dihibahkan merupakan reproduksi digital, dari karya asli. Sementara yang tersimpan di Museum Kartini merupakan reproduksi dari karya yang juga telah direproduksi. Ditambahkan Deni, selain koleksi foto ada juga catatan-catatan pemikiran atau korespondensi Kartini yang ikut dihibahkan.

Menurutnya, sebelum dihibahkan, Disparbud Jepara telah melalui serangkaian pembicaraan dengan berbagai pihak, termasuk pegiat sejarah dan pemerintah Belanda. 

Namun demikian, Disparbud belum bisa mendapatkan karya asli dari koleksi kesejarahan Jepara. “Untuk mendapatkan hibah tersebut kami melalui proses meminta izin dengan Kedutaan Belanda. Itupun kami tidak bisa mengambil langsung, akan tetapi melalui pihak Belanda baru diserahkan ke kita sebagai hibah,” imbuh Deni. 

Sementara itu, Staf Museum Kartini Reza menyebut, koleksi fofo-foto Kartini ada sekitar 90 buah, yang terpajang. Koleksi itu terdiri dari foto dalam ukuran besar dan kecil.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →