Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pasar Subuh Panjunan, Sentra Jajanan Pasar di Kudus



Reporter:    /  @ 12:06:32  /  18 April 2017

    Print       Email

Sejumlah pedagang dan pembeli jajan memadati sentra jajan di Panjunan Kudus. (MuriaNewsCom/Aditya Cahya Saputra)

MuriaNewsCom, Kudus – Berbeda dengan pasar lain yang biasanya menjual dagangan berupa sembako, sayuran, daging, ikan, atau buah-buahan, salah satu pasar di Kudus ini hanya menjajakan dagangan berupa jajanan pasar.

Pasar yang beroperasi sejak tahun 1970an ini mengusung konsep pasar kaget. Pasar hanya buka secara efektif dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 07.00 pagi setiap harinya. Pasar ini terletak di Jalan Mangga, Desa Panjunan, Kota, Kudus. Para pedagang menggelar dagangannya di sepanjang pinggir jalan ketika pagi hari.

Adapun jenis jajanan pasar yang dijajakan, di antaranya kue lapis, lemper, arem-arem, kue kukus, martabak, dan lain-lain. Harga yang dipatok juga relatif terjangkau berkisar antara Rp 1.500 hingga Rp 5.000 per makanan. Banyak pedagang tidak hanya berasal dari Kudus, namun juga dari Pati, Jepara, dan Demak. Barang dagangan pun juga didatangkan dari luar kota, seperti Jepara, Pati, Demak, bahkan Magelang.

Sri Handayani (38), pedagang pasar asal Jetak Kembang, Desa Sunggingan, Kudus mengakui bahwa pasar ini sudah lama beroperasi dan memang sangat ramai pada waktu pagi buta. “Saya sudah jualan sejak 1999. Saya generasi kedua. Orang tua saya sudah jualan sejak 1972 waktu saya kecil,” ujar Sri saat ditemui MuriaNewsCom di lokasi pada Minggu (16/4/2017).

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Begini Penjelasan KH Anwar Zahid Terkait Pentingnya Bersyukur saat Bangun Tidur

Selengkapnya →