Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

Bupati Kudus Salut dengan Kemajuan Desa

11
Bupati Kudus Musthofa saat menghadiri lomba desa di Desa Kramat, Kecamatan Kota. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus Musthofa mengatakan kemajuan desa kini sangat bagus. Demikian disampaikan Musthofa saat menghadiri lomba desa di Desa Kramat, Kota, Kudus, Senin (17/4/2017). Acara yang digelar rutin tiap tahun menampilkan berbagai kemajuan yang ada. Namun, ada yang beda tahun ini.

Yaitu dengan telah terpilihnya Kudus sebagai pilot project Desa Pandai OJK. Saat ini masyarakat desa semakin melek lembaga keuangan. Termasuk anak-anak yang sudah terdidik merencanakan hidup sejak dini. ”Yaitu dengan gerakan gemar menabung yang dikerjasamakan dengan lembaga keuangan,” kata Musthofa.

Dikatakannya, prestasi desa yang ditampilkan memiliki tiga indikator. Yaitu, pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang terbukti tumbuh secara alami sebagai pilar ekonomi nasional yang tidak terimbasa krisis internasional. Apalagi dengan adanya desa pandai, akan lebih menumbuhkembangkan UMKM yang ada di desa.

Indikator berikutnya yaitu semakin diberdayakannya potensi desa serta tumbuhnya inovasi dari seluruh masyarakat desa. Dicontohkannya, bidang pertanian di wilayah perkotaan ini. Meski  dengan lahan yang terbatas, masyarakat bisa mengoptimalkan lahan yang ada. Bupati menyebut, inilah petani kota. ”Setiap desa akan menjadi kunci kekuatan di seluruh sektor. Dan saya katakan, lomba desa ini adalah lomba desa yang kekinian,” tambahnya.

Kondisi Desa Kramat disebutnya memiliki potensi yang cukup komplet. Namun demikian, penilaian sepenuhnya diserahkan pada tim penilai yang akan menilai secara keseluruhan. Ditambahkannya, bahwa secara umum, lomba desa tahun ini jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Kepala Desa Kramat, Sensus Tulistiyono mengatakan yang disampaikan bupati akan dilaksanakannya. “Yaitu dengan menggerakkan seluruh sektor yang ada di desa,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

Ruangan komen telah ditutup.