Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Siswa SMK Banat Kudus Ciptakan Busana Tema Dandangan



Reporter:    /  @ 20:08:42  /  17 April 2017

    Print       Email

Sejumlah model memamerkan karya SMK NU Banat bertema Dandangan di JCC beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Satu lagi karya SMK Banat yang patut diacungi jempol. Setelah karya nuansa bunga sakura Jepang sukses mencuri perhatian dunia, kali ini ada karya lain yang tak kalah apik. Adalah pakaian yang didesain dengan tema Dandangan Kudus.

Yakni di acara pada Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2017, 6 hingga 9 April 2017, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Dandangan merupakan kegiatan rakyat setempat yang diadakan setiap jelang Ramadan. Budaya ini merupakan warisan dari Sunan Kudus yang masih dilestarikan hingga sekarang.

Risa Maharani, perancang busana kelas kelas XII SMK Banat mengatakan, konsep lokal ditekankan dalam membuat desain karya. Dengan produknya bernama Zelmira. Karya tersebut dipamerkan dalam ajang Muslim Fashion Festival, beberapa waktu lalu.

“Acaranya sukses, karya busana tema Dandangan membuat banyak orang suka. Mudah-mudahan diterima masyarakat umum,” kata Risa kepada MuriaNewsCom, di Kudus, Senin (17/4/2017).

Menurutnya, karya tersebut sebenarnya dibuat oleh tim, namun ide utama darinya. Sedangkan temannya, Rania, kelas XI membantu menyelesaikan. Unsur Dandangan dalam pembuatan busana muslimnya adalah pemilihan warna. Warna kalem diangkat dalam pemilihan pakaian model gamis casual tersebut. Selain itu, motif kotak-kotak juga ditambahkan sebagai simbol ketupat. Gaya tersebut membuat pakaian terlihat lebih modis dan enak dilihat.

Dalam pameran tersebut, dia membuat delapan jenis busana yang semuanya bertema Dandangan. Pembuatannya membutuhkan waktu sekitar sebulan penuh. Waktu tersebut sudah termasuk konsep, hingga merealisasikan.

“Untuk biayanya berapa ya? Berbeda-beda dan kurang tahu jelas. Yang pasti setiap bajunya menghabiskan biaya sekitar Rp 700 ribuan di Jakarta,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →