Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pikir Ulang Jika Mau Sebarkan Hoax, Ini Peringatan dari Polisi



Reporter:    /  @ 12:14:28  /  16 April 2017

    Print       Email

Kapolres Kudus AKPB Agusman Gurning (tengah) saat foto bersama. Ia menegaskan bahwa ada ancaman pidana bagi masyarakat yang dengan sengaja menyebarkan informasi palsu atau hoax. (MuriaNewsCom/Kholistiono)

MuriaNewsCom, Kudus – Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning  mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Ia menegaskan bahwa ada ancaman pidana bagi masyarakat yang dengan sengaja menyebarkan informasi palsu atau hoax, yang berpotensi menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Bagi Anda yang suka mengirimkan kabar bohong (hoax), atau bahkan cuma sekadar iseng mendistribusikan (forward), harap berhati-hati. Ancamannya tidak main-main, bisa kena pidana penjara enam tahun dan denda Rp 1 miliar,” ujar Kapolres dalam acara kampanye anti hoax yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kudus di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (16/4/2017).

Dia menjelaskan, pelaku penyebar hoax bisa terancam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE. Di dalam pasal itu disebutkan, setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.

Baca juga : Jangan Asal Share Berita Tidak Jelas, Yuk Jadi Pembaca yang Cerdas

 

Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan kepada pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan isu demikian tidak melakukan lagi.

Kapolres meminta masyarakat selektif terhadap informasi yang mereka terima. Masyarakat juga diminta tidak mudah percaya dengan isu-isu yang berkembang di media sosial.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →