Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

20 UMKM di Rembang Ikuti Sosialisasi Sertifikasi Halal



Reporter:    /  @ 21:01:37  /  15 April 2017

    Print       Email

20 orang pelaku UMKM mengikuti sosialisasi sertifikasi halal di Kantor Perindakop Rembang beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten  Rembang bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah memfasilitasi UMKM di Rembang untuk sertifikasi halal produk secara gratis.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinperindagkop dan UKM, beberapa waktu lalu itu diikuti oleh 20 UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman olahan. Acara ini, dihadiri langsung Ketua MUI Jawa Tengah KH. Ahmad Rofiq.

Kepala Dinperindagkop Rembang Muntoha melalui Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan UKM Kuswandi mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya Pemkab Rembang dalam pengembangam UMKM yang ada di Kabupaten Rembang. UMKM yang difasilitasi kali ini yakni UMKM olahan ikan,UMKM Kopi bubuk,UMKM aneka keripik.

“Sementara ini masih dalam tahap administrasi pemberian formulir, pengarahan dan sosialisasi. Jika administrasi lolos akan dibawa ke LP POM, dan minggu depan tim LP POM akan melakukan audit ke lapangan,” ujarnya.

Untuk tahun depan kegiatan serupa diupayakan bisa memfasilitasi UMKM dengan jumlah lebih banyak lagi. Pasalnya masih banyak produk UMKM yang belum memiliki sertifikat halal.

“Sertifikat halal tersebut sangat penting bagi UMKM. Dengan label halal akan menambah daya tawar atau penjualan dari produk itu sendiri,” ucapnya.

Dia menambahkan, bagi UMKM yang juga ingin mengajukan sertifikasi halal atas produknya,Dinperindagkop dan UKM siap menerima dan mendata. “Yang perlu diperhatikan adalah syarat utamanya yakni makanan atau minuman olahan dan memiliki Produk Izin Rumah Tangga (PIRT),SIUP atau IUMK dan KTP,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →