Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Jika Pemegang Kartu BPJS di Kudus Disuruh Bayar saat Periksa, Laporkan!



Reporter:    /  @ 16:45:32  /  15 April 2017

    Print       Email

Warga saat mengurus administrasi BPJS Kesehatan, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Seorang warga menulis status di media sosial Facebook ihwal pelayanan BPJS Kesehatan. Warga tersebut mengeluhkan jika periksa gigi pakai fasilitas BPJS, ternyata masih harus bayar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Dody Pamungkas, mengatakan, jika benar apa yang dikeluhkan warga tersebut, pihaknya bakal menindak para dokter atau klinik yang nakal kepada pasien. Penindakan dapat dilakukan dalam waktu 1x 24 jam atau saat itu juga.

“Jadi misalnya ada kepesertaan KIS BPJS yang masih juga ditarik oleh klinik atau dokternya, maka hal tersebut dapat kami tindak. Kalau perlu saat itu juga atau maksimal 1 x 24 jam. Ini merupakan bentuk pelayanan kami,” kata Dody kepada MuriaNewsCom, Sabtu (15/4/2017).

Tindakan tersebut akan dilakukan atas dasar laporan pasien BPJS. Jadi masyarakat yang dirugikan, diharuskan untuk melaporkan kejadian tersebut kepada pengelola BPJS secara tertulis.

Kemudian, lanjut dia, dalam laporan juga disebutkan hari terjadi kerugian, dan dokter yang bertugas atau klinik mana yang bertugas. Nantinya, dari laporan itulah yang dijadikan panduan atas tindakan yang diperbuat oleh pihak BPJS kesehatan.

“Jika lapor, akan kami tindak. Namun jika hanya sebatas omongan, kami tak ada bukti kuat akan hal itu. Jadi, kami minta pada masyarakat agar melaporkan saja kepada kami,” ungkapnya.

Dikatakan, semua pengobatan yang dikeluhkan masyarakat ditanggung sepenuhnya oleh BPJS asal sesuai prosedur. Itu mulai dari obat hingga keluhan lainnya yang dirasakan oleh pasien BPJS kesehatan.

Namun, bagi yang tak sesuai prosedur, maka pasien dapat dimintai biaya sendiri. “Misal tak berobat pada klinik atau dokter yang terdata, atau ke rumah sakit tanpa adanya rujukan,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Wabup Pati Sidak di Dinas Pertanian, Ini Temuannya

Selengkapnya →