Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Biaya UNBK Mahal, Sekolah di Kudus Tak Keberatan



Reporter:    /  @ 08:00:49  /  15 April 2017

    Print       Email

Siswa tampak berada di depan genset di salah satu SMA yang mengadakan UNBK di Kudus, beberapa hari lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Bagi sekolah yang melangsungkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), harus siap merogoh kocek yang dalam. Mengingat untuk melangsungkan UNBK, biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Mulai dari biaya server hingga listrik.

Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS ) Kudus Shodiqun mengatakan, biaya untuk UNBK memang sangat mahal. Misalnya untuk sewa genset saja lebih dari Rp 1 juta untuk setiap harinya. Padahal, UN dilakukan selama empat hari lamanya.

“Kalau saya yang tahu di SMA 1 Kudus, karena saya kepala sekolahnya. Di sana menggunakan dua genset lantaran saluran listriknya dua. Tiap genset kami sewa per hari Rp 1,5 juta. Jadi sehari saja untuk listrik Rp 3 juta,” kata Shodiqun kepada MuriaNewsCom, di Kudus, beberapa hari lalu.

Biaya tersebut mutlak dikeluarkan kendati genset dipakai ataupun tidak. Karena, kontraknya adalah hitungannya hari, sehingga meskipun genset nganggur atau tak dipakai, biayanya sama.

Dalam UN tahun ini, dia menyewa selama lima hari. Hari pertama adalah sehari sebelum UN, dengan maksud uji coba genset. Barulah pada hari ke dua dan kelima genset disiagakan agar selalu siap.

Listrik dari genset tersebut disiapkan untuk berjaga-jaga jikalau listrik padam. Karena, jika saat berlangsung UNBK listrik sampai padam, maka nilai siswa tak keluar dan siswa yang dirugikan. Sekolah tak menginginkan hal itu terjadi. 

Dikatakan, bukan hanya sekolah dia saja yang menerapkan demikian. Namun juga SMA lainnya juga demikian. Meski mahal, namun pihaknya tak mau mengambil risiko. “Apalagi ini hanya setahun sekali, jadi bisa dipersiapkan. Dan kami di SMA 1 Kudus juga sudah UNBK duluan, jadi sudah siap,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →