Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Begini Suasana Pasar Wergu Pascadirelokasi ke Pasar Baru Kudus



Reporter:    /  @ 21:00:00  /  14 April 2017

    Print       Email

Pedagang yang masih bertahan di Pasar Wergu Kudus, tampak melakukan aktivitasnya, Jumat. (MuriaNewsCom/Aditya Cahya Saputra)

MuriaNewsCom, Kudus – Peresmian Pasar Baru Kudus yang terletak di belakang GOR Bung Karno, Kelurahan Wergu Wetan, Kota,  telah dilaksanakan pada Minggu (9/4/2017). Ratusan pedagang sudah membuka lapak dagangannya di pasar tersebut.

Lalu bagaimana kondisi Pasar Wergu Kudus 5 hari pascarelokasi pedagang ke Pasar Baru? Di antaranya, pertama, kondisi Pasar Wergu sekarang sedang dipugar dan dibersihkan. Sudah nampak petugas yang membongkar lapak pedagang di lokasi bangunan bekas Stasiun Johar Kudus tersebut.

Bangunan dan tanah area Pasar Wergu merupakan tanah milik PT KAI (Persero). Selama ini Pemkab Kudus menyewa lahan dan bangunan milik PT KAI untuk dijadikan pasar. Dengan pertimbangan biaya sewa yang mahal dan wacana pengembalian fungsi area tersebut sebagai Stasiun Kudus, pemkab menetapkan kebijakan untuk mendirikan dan merelokasi pedagang ke Pasar Baru di Wergu Wetan.

Kedua, sebagian besar pedagang sudah mulai meninggalkan Pasar Wergu dan membuka lapak di tempat yang baru. Namun, pedagang ternak unggas dan pedagang sepeda belum bisa pindah ke Pasar Baru karena kondisi bangunan yang belum jadi.

“Kami kurang tahu mau pindah kapan. Karena belum ada kepastian. Pedagang sembako dan lain-lain sudah pindah. Hanya pedagang ternak dan sepeda ini yang belum pindah karena tempatnya belum jadi,” ujar Sulkan (43), pedagang sepeda asal Desa Pedawang, Kecamatan Bae, saat ditemui di lokasi Jumat (14/4/2017).

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Dukungan Pusat dan Pemprov untuk Tuntaskan Perbaikan Gedung SD Rusak

Selengkapnya →