Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

TMMD Nonfisik Kodim 0722/Kudus Berikan Penyuluhan Kependudukan



   /  @ 23:30:13  /  14 April 2017

    Print       Email

Suasana kegiatan penyuluhan nonfisik yang merupakan bagian dari aksi TMMD di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus  – Tidak hanya kegiatan fisik dilaksanakan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-98 Kodim 0722/Kudus, namun juga kegiatan nonfisik. Yaitu berupa penyuluhan di antaranya penyuluhan tentang perubahan dan pembaharuan data, pengurusan serta kegunaan e-KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Keterangan (SUKET) yang merupakan dokumen kependudukan.

Kegiatan penyuluhan ini terwujud atas kerja sama antara Kodim 0722/Kudus, dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus, yang diikuti oleh sekitar 70 orang. Kegiatan bertempat di Balai Desa Kandangmas, Dawe, Kabupaten Kudus, Kamis malam (13/4/2017).

Danramil 07/Dawe Kapten Inf Subekhi pada saat membuka kegiatan itu mengatakan sosialisasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan TMMD ke 98. “Yang mana hal ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan kemampuan masyarakat dalam bidang administrasi kependudukan, ” ungkap Subekhi di rilis persnya.

Pada kesempatan itu Putut Winarno Sekretasis Disdukcapil Kudus menerangkan, tujuan utama kegiatan sosialisasi tentang dokumen kependudukan, agar semua masyarakat tahu sejauh mana cara mendapatkannya. Sebab dokumen itu menjadi identitas bagi warga, khususnya warga di Desa Kandangmas, sehingga untuk  mendapatkan dokumen kependudukan bisa dilakukan sesuai dengan prosedur.

“Dokumen kependudukan itu sangat penting sekali, ketika ada sesuatu kebutuhan yang berkaitan dan bersentuhan  dengan masyarakat maupun program bantuan dari pemerintah, setidaknya sebagai salah satu syarat utama yang dimasukkan yakni e-KTP,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Kandangmas Sofwan menjelaskan, penyuluhan tentang dokumen kependudukan merupakan program yang diagendakan masuk dalam kegiatan TMMD, sebagai sasaran nonfisik.

Dia juga mengharap, ada dampak positif dari kegiatan ini, sehingga kesadaran masyarakat untuk memiliki identitas perlu menjadi perhatian khusus. “Harapan kami seluruh warga Kandangmas yang belum memiliki dokumen kependudukan, bisa segera memilikinya melalui kegiatan ini,” kata Sofwan.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →