Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tahun Depan, SMA di Kudus Lakukan UNBK Semua



Reporter:    /  @ 16:36:03  /  14 April 2017

    Print       Email

Peserta UNBK mengerjakan soal di salah satu sekolah di Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA tahun ini telah selesai Kamis (13/4/2017). Pada UN tahun ini tak semua sekolah bisa melangsungkan UNBK. Rencananya, pada UN tahun depan, semua sekolah di Kudus akan melakukan UNBK atau tidak lagi ada yang Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)  Kudus Shodiqun mengatakan, rencana UNBK tahun depan secara keseluruhan sudah dimulai sejak tahun ini. Bagi sekolah yang belum UNBK tahun ini, bisa mempersiapkan diri lebih panjang demi tahun depan.

“Jika tahun depan masih ada UN, saya yakin sekolah siap melakukan UNBK. Karena persiapan yang panjang, maka sekolah lebih siap. Terlebih lagi jika kendalanya adalah sarana, sekolah bisa saja gabung dengan sekolah lainnya,” kata Shodiqun di tempat kerjanya, beberapa hari lalu.

Menurutnya, jika pada tahun ini belum bisa melakukan UNBK, hal itu dianggap maklum. Karena UN tahun ini,  persiapan cukup mepet. Praktis, sekolah yang belum siap UNKB melakukan UNKP. Saat ini, ada lima SMA yang masih UNKP. Sedangkan untuk tingkat SMK, secara keseluruhan sudah melakukan UNBK. Dia merasa jika SMK bisa, SMA juga harusnya bisa demikian.

Sementara, Kepala SMA PGRI 1 Mejobo Bambang Sugiarto mengatakan pada tahun ini sebenarnya rencana melakukan UNBK sudah dilakukan. Namun lantaran waktu yang mepet, pihak sekolah memilih UNKP saja.

“Awalnya kan wacana UN tak ada, jadi kami santai dulu. Barulah pada Januari lalu diputuskan ada, sehingga dengan waktu tiga bulanan ini cukup mepet. Belum lagi persiapan pada siswanya,” ujarnya.

Namun, rencananya pada tahun depan, pihaknya akan menerapkan UNBK seperti sekolah lainnya. Waktu setahun dianggap cukup untuk mempersiapkan, asalkan UNBK diumumkan tidak mendadak seperti halnya tahun ini.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Wabup Pati Sidak di Dinas Pertanian, Ini Temuannya

Selengkapnya →