Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tak Ada Event Khusus Sambut Pelancong di Jepara



Reporter:    /  @ 21:00:49  /  13 April 2017

    Print       Email

Bukit Love yang ada di Karimunjawa. Terkait libur panjang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara, tak mempersiapkan secara khusus event penyambutan pelancong.(MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Menghadapi Long Weekend 14-16 April 2017 ,Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara, tak mempersiapkan secara khusus event penyambutan pelancong. Namun demikian, petugas pariwisata siap melayani wisatawan yang diperkirakan memenuhi berbagai destinasi wisata di Bumi Kartini. 

Hal ini disampaikan oleh Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Zamroni, Kamis (13/4/2017). “Kalau untuk persiapan khusus sebenarnya tidak ada. Hanya saja untuk kebersihan obyek wisata kami perhatikan betul. Kalau libur panjang seperti ini relatif sama dengan hari Sabtu dan Minggu biasa,” ucapnya.  

Meskipun demikian, pihaknya mengaku hotel maupun restoran di Jepara siap melayani pelancong. Hal ini karena, di Kabupaten tersebut banyak tumbuh lokasi-lokasi penginapan anyar. 

Di samping itu, pihaknya juga telah menerjunkan personel untuk bersiaga di Tourist Information Center (TIC), pada destinasi yang dikelola Pemkab Jepara. Di antaranya, Pantai Bandengan, Kartini ataupun Benteng Portugis.

Dengan adanya petugas, diharapkan pelancong dapat memanfaatkannya sebagai tempat bertanya. 

Terkait target Pemasukan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata, tahun ini dinas mematok Rp 3,6 miliar. Jumlah itu dikatakan Zamroni naik sekitar 20 persen dari target tahun lalu.

“Tahun kemarin targetnya Rp 3 miliar. Namun pada pencapaiannya bisa mendapatkan hingga Rp 3,1 miliar. Maka dari itu untuk tahun ini dinaikkan menjadi Rp 3,6 miliar. Untuk hal tersebut, kami telah melakukan berbagai promosi dan mengikuti pameran secara berkala,” jelasnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Kabid Pemasaran Wisata Florentina Budi Kurniawati. Menurutnya, pada tanggal 14-16, pihaknya fokus dengan acara bertajuk Festival Kartini. 

“Kegiatan di Kabupaten Jepara masih dalam rangkaian acara festival Kartini. Tanggal 14 ada lomba keroncong, tanggal 15 wayang kulit dan tanggal 16 lomba burung berkicau tingkat nasional di Pantai Bandengan,” tulisnya dalam pesan singkat. 

Di samping itu, pihaknya kini tengah gencar melakukan berbagai promosi. Satu di antaranya adalah ikut serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Majapahit Travel Fair di Surabaya. Pada Kesempatan itu, ikut pula perwakilan PHRI Jepara, Hotel D’Season, JOP dan Desa Wisata Troso. 

Sebelumnya dikabarkan, tiket menuju Pulau Karimunjawa telah terpesan habis, untuk libur panjang akhir pekan. Untuk menyiasati hal tersebut, pihak operator kapal pun menyediakan trip tambahan. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →