Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ini Kesan Pedagang yang Pindah ke Pasar Baru Wergu Kudus



Reporter:    /  @ 18:30:08  /  12 April 2017

    Print       Email

Seorang pedagang sembako menunggu pembeli di kiosnya di Pasar Baru, Wergu Wetan, Kudus, Rabu. (MuriaNewsCom/Aditya Cahya Saputra)

MuriaNewsCom, Kudus – Puluhan pedagang Pasar Wergu sudah mulai berpindah ke Pasar Baru, Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kudus, Senin (10/4/2017). Sebelumnya diadakan acara peresmian dan syukuran bersama Pemkab Kudus dan para pedagang, Minggu (9/4/2017) petang.

“Jualan di sini lebih enak, lebih nyaman. Pasarnya bersih dan cukup ramai pengunjung,” ujar Alfiah (42), ditemui di Pasar Baru, Rabu (12/4/2017).

Pedagang sembako asal Desa Loram Wetan itu membandingkan berjualan di Pasar Wergu dengan lokasi yang baru. Saat di Pasar Wergu, pedagang kepanasan di waktu musim kemarau, dan kehujanan waktu musim hujan. Apalagi kalau sudah hujan, pasar menjadi becek dan terlihat kumuh sehingga  pengunjung merasa enggan datang berbelanja ke pasar. 

“Sekarang kalau hujan tidak becek lagi. Kondisi pasar bagus. Fasilitas juga bagus. Tinggal penyelesaian beberapa bagian,” terang Alfiah.

Memang belum semua pedagang tertampung di Pasar Baru. Karena pembangunan pasar belum selesai 100 persen. Sebagian besar pedagang yang belum bisa pindah adalah pedagang sepeda dan ternak unggas. Mereka masih menunggu penyelesaian pembangunan kios di Pasar Baru. Saat ini, mereka bertahan di Pasar Wergu sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Selain itu, para pedagang tidak dibebani biaya sewa. Mereka bisa menempati kios pasar secara gratis. Karena aset Pasar Baru merupakan milik Pemkab Kudus. Pembangunan pasar juga dibiayai dari APBD Kabupaten Kudus.

“Tidak ada biaya sewa. Hitungannya, di sini gantinya kami jualan yang awalnya di Pasar Wergu. Kalau bayar kami tidak mampu,” pungkas Alfiah.

 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →