Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

KMP Siginjai Tunggu Lampu Hijau Sebelum Berlayar



Reporter:    /  @ 18:02:02  /  12 April 2017

    Print       Email

KMP Siginjai saat berlabuh di Pantai Kartini Jepara. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai masih menunggu lampu hijau untuk berlayar, setelah melalui proses perawatan kapal atau docking. Di samping itu, pihak PT ASDP selaku operator juga menunggu kesiapan Dermaga Karimunjawa untuk dapat dilabuhi kapal tersebut. 

Hal itu dikatakan Kepala PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) cabang Jepara, Yudi Yanuar, Rabu (12/4/2017). Menurutnya, Siginjai telah selesai melalui proses docking. Namun, sebelum kembali ke perairan Jepara, perlu dilakukan penilaian oleh tim khusus.

“Kita masih menunggu hasil penilaian dari marine inspector dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Untuk berlayarnya kembali kapan, kami belum bisa menjawab karena terkait dengan teknik yang melibatkan pihak lain,” ucap Yudi. 

Di samping menunggu lampu hijau dari kedua instansi tersebut, pihaknya juga masih menunggu kesiapan Dermaga Karimunjawa. Hal itu terkait dengan perbaikan dermaga yang tengah dilakukan. 

Ia menjelaskan, saat ini dermaga tersebut tengah dalam masa perbaikan. Sedangkan Siginjai juga berkemampuan mengangkut kendaraan. Apabila perawatan dermaga belum rampung, mustahil bagi kapal untuk dapat mendaratkan kendaraan yang diangkut. “Kita masih menunggu kesiapan dari dermaga, untuk dapat menurunkan kendaraan atau belum,” ungkapnya.   

Terpisah, Kabid Perhubungan Laut Dishub Jepara Suroto akan melakukan inspeksi terhadap kapal, sebelum Siginjai berlayar. 

“Kita lihat dulu, apakah mereka memang benar-benar siap beroperasi jika telah sampai di Pelabuhan Jepara. Informasi yang kita terima, Siginjai akan berlabuh di Jepara pada Kamis (13/2/2017). Jika benar, maka kita akan melakukan pemeriksaan. Namun jika besok jadi berlabuh di sini, kemungkinan besar siap melayani pada hari Senin (17/4/2017),” kata dia.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Taman Bajomulyo Juwana Dikembangkan Jadi Objek Wisata

Selengkapnya →