Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

2 Siswa Penyandang Disabilitas Serius Kerjakan Ujian Nasional



Reporter:    /  @ 19:15:26  /  11 April 2017

    Print       Email

Dua orang siswa SLB-B Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLB) Danyang sedang serius mengerjakan soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) mata pelajaran Matematika, Selasa (11/4/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Jumlah peserta ujian nasional (UN) SMA sederajat di Kabupaten Grobogan tercatat ada 7.588 siswa. Dari jumlah ini ada 3 siswa penyandang disabilitas yang mengikuti UN. Ada dua lokasi UN penyandang disabilitas tersebut. Yakni, satu siswa di SLB Negeri di Kecamatan Karangrayung dan 2 siswa di SLB Danyang, Kecamatan Purwodadi.

Dua siswa SMA luar biasa-B di SLB Danyang tampak serius mengerjakan UN hari kedua, Selasa (11/4/2017). Mereka mengerjakan mata ujian matematika. Dua orang guru ditugaskan mengawasi UN bagi kedua siswa tersebut.

Posisi duduk kedua siswa penyandang tuna rungu yang menempuh UN itu dipisah beberapa meter. Di papan tulis terdapan sebuah tulisan cukup besar berbunyi “Saya mengerjakan ujian dengan jujur”. “Tahun ini ada dua siswa yang ikut UN. Kami masih memakai model Ujian Nasional Kertas dan Pensil,” kata Kepala SLB-B Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLB) Danyang Muhammad Rudi Arifianto pada wartawan.

Menurut Rudi, pelaksanaan UN terbagi dalam tiga sesi. Pihaknya mengambil sesi kedua yang jadwalnya mulai pukul 10.30 WIB sampai 12.30 WIB. Dipilihnya sesi II dengan pertimbangan  kesiapan siswa dan sekolah agar tidak terburu-buru.

Rudi mengungkapkan, siswa tuna rungu sebetulnya sudah bisa mengerjakan soal dengan laptop atau komputer. Namun pihaknya memilih pola ujian dengan kertas dan pensil karena ada sedikit kendala teknis.

“Motivasi siswa untuk mengikuti ujian nasional ini sangat tinggi. Sebab, ijazah SMA ini digunakan untuk melamar pekerjaan. Ada lulusan kami (tuna rungu) yang sudah bekerja di perusahaan konveksi di bagian pengepakan barang,” imbuhnya. 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →