Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Biar Dapat Baret, Anggota Sentra Komunikasi Mitra Polri Grobogan Harus Jalani Ini



Reporter:    /  @ 09:10:27  /  11 April 2017

    Print       Email

Anggota anggota Sentral Komunikasi (Senkom) Mitra Polri se-Korwil Pati mengikuti kegiatan pembaretan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Ratusan anggota Sentral Komunikasi (Senkom) Mitra Polri se-Korwil Pati mengikuti kegiatan pembaretan yang dilangsungkan di Grobogan, Senin (10/4/2017). Untuk mendapatkan baret warna hitam, ratusan anggota senkom harus menjalani gemblengan fisik dan mental terlebih dahulu.

Rintangan yang harus dijalani antara lain mengikuti longmarch, menyeberangi kolam lumpur, melewati lorong-lorong, dan melompati kubangan. Tidak hanya itu saja, mereka juga diminta membersihkan sampah yang ada di selokan supaya aliran air menjadi lancaraliran sungai menjadi lancar.

“Kami tidak hanya melakukan penguatan fisik saja. Namun para peserta kami didik untuk peduli dengan lingkungan sekitar,” kata Kasat Sabhara Polres Grobogan AKP Lamsir yang dipercaya sebagai Ketua Instruktur Pembaretan.

Menurutnya, Senkom Mitra Polri dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU No 2/2002 tentang Pam Swakarsa. Pada 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota Mitra Kamtibmas Mabes Polri.

Pembina Senkom Irjen Pol (purn) Sriyono menuturkan, tugas anggota senkom menyampaikan komukasi dan informasi kepada petugas kepolisian. Anggota Senkom berperan sebagai jembatan antara masyarakat dengan kepolisian.

“Senkom bukan keamanan. Kami memiliki peran penting menginformasikan pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan dan menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme,’’ katanya saat menghadiri acara pembaretan. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →