Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

5 SMA di Kudus Ikuti UNKP



Reporter:    /  @ 12:00:25  /  10 April 2017

    Print       Email

Pintu penyimpan naskah UNKP tampak disegel sebelum nantinya dibuka di SMA PGRI 1 Mejobo Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Lima SMA di Kudus, masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil atau UNKP. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang berlangsung pagi, UNKP kali ini, diselenggarakan pada siang hari.

Kepala SMA PGRI 1 Mejobo Bambang Sugiarto mengatakan, sebelum pelaksanaan UNKP dilakukan, pihak sekolah sudah mendatangkan para wali murid ke sekolah. Tujuannya, agar para wali murid dapat membantu mempersiapkan anaknya.

“Kami juga mengabari kalau UNKP dilakukan mulai jam 10.30, namun jam 10.10 siswa harus sudah masuk ke ruangan. Tapi para wali murid malah khawatir karena takut anaknya terlambat,” katanya kepada MuriaNewsCom di Kudus, Senin (10/4/2017).

Menurutnya, kekhawatiran para wali. murid didasari pada kebiasaan para anaknya Karena, pada hari-hari biasanya, anaknya selalu dibangunkan pagi saat orang tuanya hendak bekerja. Namun jika pelaksanaan siang, orang tua khawatir anaknya terlambat.

Dikatakan, jadwal UNKP yang menentukan adalah pusat. Alasan ditaruh siang, adalah untuk lebih mengurangi risiko bocornya soal. Sebab, jika pelaksanaan pagi hari, pemerintah khawatir soal akan dibocorkan ke sekolah lain.

Lantaran berlangsung siang, maka pengambilan soal juga dilakukan siang hari. Yaitu mulai pada pukul 09.00 WIB. Pengambilan dilakukan pada Pos UN yang berada di SMA 1 Kudus.  “Kalau yang UNBK kan tiga sesi. Kalau UNKP dilakukan bareng sesi pertama UNBK,  maka pada sesi berikutnya bisa saja bocor meski sialnya belum tentu sama,” jelasnya.

Sama halnya UNBK, kata dia, pada UNKP juga dilakukan pengawasan silang. Untuk di PGRI Mejobo, pengawas UN diambilkan dari SMA Islam Sudirman  dan SMA PGRI Kaliwungu. Ditambahkan kalau UNKP di sekolah itu diikuti oleh 44 siswa. Dan pada hari pertama berlangsungnya cukup aman karena para siswa juga mempersoalkan diri dengan seksama.

 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →