Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

UNBK SMA di Grobogan Diwarnai Gangguan Jaringan Internet



Reporter:    /  @ 21:00:29  /  10 April 2017

    Print       Email

Staf dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Sugeng (berjalan paling belakang) saat melangsungkan pantauan UNBK di SMAN 1 Purwodadi bersama Ketua MKKS SMA Kabupaten Grobogan Mardani (kanan). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA di Grobogan secara keseluruhan berjalan lancar pada hari pertama, Senin (10/4/2017). Meski demikian, saat sesi pertama akan dimulai sempat ada beberapa sekolah yang mengalami kendala akibat gangguan jaringan internet.

Salah satunya di SMAN 1 Wirosari di Kecamatan Wirosari yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Saat awal pelaksanaan, jaringan internet dari Telkom sempat terhenti.

Namun, pihak sekolah untungnya sudah mengantisipasi kendala ini dengan menyediakan modem khusus. Dengan bantuan modem, koneksi internet akhirnya langsung tersambung dan siswa bisa mengerjakan UNBK dengan lancar pada sesi I.

“Gangguannya tidak lama, hanya sekitar 5 menit saja. Begitu kita aktifkan modem, koneksi internet langsung lancar,” jelas Kepala SMAN 1 Wirosari Sarwaedy.

Pihaknya langsung melaporkan gangguan internet pada Telkom Wirosari. Laporan langsung ditindaklanjuti dengan cepat. Dari hasil pemeriksaan petugas Telkom, ternyata ada kabel jaringan yang putus.

“Penanganannya cepat dilakukan setelah kita laporan. Pada sesi II, jaringan internet dari Telkom sudah normal dan kita pakai lagi,” jelasnya.

Kemudian, gangguan koneksi internet juga dialami SMA Kristen Purwodadi yang juga menyelenggarakan UNBK. Di sekolah ini, gangguan internet berlangsung sekitar 30 menit.

“Memang sempat gangguan tadi soal internet. Tapi sudah bisa teratasi,” kata Kepala SMA Kristen Purwodadi Dodik.

Sementara itu, staf dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Sugeng yang melangsungkan monitoring UN di Grobogan menyatakan, dari pantauan hari pertama, jalannya UN di relatif lancar. “Ada beberapa gangguan sedikit tetapi hanya berlangsung sebentar. Soalnya, langsung bisa diatasi dengan cepat oleh pihak sekolah,” katanya saat melangsungkan monitoring UNBK di SMAN 1 Purwodadi bersama Ketua MKKS SMA Kabupaten Grobogan Mardani.

Dijelaskan, jumlah peserta UN di Grobogan tercatat ada 7.588 orang. Terdiri dari 4.988 siswa SMA, 2.597 MA, dan 3 SMA luar biasa (LB), baik negeri maupun swasta.

Untuk sekolah yang menyelenggarakan UNBK terdiri 11 SMA negeri, 24 SMA swasta, 2 MA negeri, dan 34 MA swasta. Kemudian sekolah yang masih mengadakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) terdiri 2 MA swasta, dan 2 SMA LB.

“Jadi di Grobogan belum 100 persen melangsungkan UNBK. Beberapa sekolah masih UNKP,” jelasnya.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →